Resep Ssal Gangjeong Ala Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules

Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules Bagikan Resep Bikin Ssal Gangjeong. (Foto: Kolase Instagram/@carlayules dan etsy.com
Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules Bagikan Resep Bikin Ssal Gangjeong. (Foto: Kolase Instagram/@carlayules dan etsy.com

Lama vakum dari dunia modeling, Miss Indonesia 2020 Pricilia Carla Yules rupanya fokus menggeluti dunia masak. Dia menjadi chef masakan Korea. Seperti saat ditemui Nyata beberapa waktu lalu. Wanita berusia 27 tahun itu sedang menunjukkan keahliannya memasak Ssal Gangjeong, kudapan manis yang sangat populer di Korea Selatan.

Ssal Gangjeong terbuat dari beras, gula, dan sirup jagung. ”Berasnya dikukus lalu dikeringkan. Ada juga orang yang memilih berasnya di goreng dulu kemudian dioven menjadi butiran yang terpisah. Tetapi kalau saya lebih tradisional menggunakan alat khusus yang berputar otomatis di atas bara api. Biar lebih sehat,” kata Pricilia Carla Yules saat ditemui Nyata dalam acara K-Halal Food Pakuwon Mall Surabaya, belum lama ini.

Untuk membuat sirupnya, masukkan gula ke dalam panci lalu panaskan dalam api kecil. Gula yang sudah mencair akan berwarna cokelat seperti karamel.

”Dibutuhkan ketelatenan dan pengelolaan waktu yang pas. Agar gulanya tidak terlalu karamel tapi tidak gosong juga. Sampai gulanya berbuih. Harus sabar juga,” ungkapnya.

| Baca Juga: Bosan dengan Olahan Mie Instan yang Gitu-Gitu Aja? Yuk Cobain Resep Unik Ala Nicky…

Kemudian campurkan nasi ke dalam panci berisi sirup lalu aduk hingga merata. ”Di tahapan ini, temperaturnya diturunkan sambil diaduk, atau apinya boleh dimatikan agar tidak gosong. Proses mencampurkan ini harus ekstra merata,” imbuhnya.

Setelah tercampur rata, Ssal Gangjeong dipindahkan ke dalam nampan yang sudah diolesi sedikit minyak. Fungsinya adalah agar sirup yang menempel di Ssal Gangjeong tidak lengket.

Di tahap ini, Ssal Gangjeong diratakan sesuai ukuran nampan sambil ditekan-tekan. Diamkan selama 15 menit. Ssal Gangjeong bisa ditambahkan kacang, wijen hitam, wijen putih atau buah kering untuk menambah cita rasa.

”Ssal Gangjeong ini biasanya memang dijual di pasar tradisional Korea, tapi biasanya waktu hari besarnya Korea kayak Chuseok (Perayaan panen, red), Seollal (Tahun Baru Korea, red),” ujarnya.

| Baca Juga: Resep Menu Sehat Pakai Ayam Ala Cinta Laura

Carla Yules sendiri mengaku sempat mengikuti workshop memasak di Daejeon, Korea Selatan demi bisa memasak makanan khas negeri Ginseng itu. ”Saya pernah training di Korsel selama berbulan-bulan, kebetulan pada saat itu saya ada partner yang punya usaha bakery jadi saya workshop dan kerja disana. Nah pelajaran-pelajaran yang saya dapat itu lah yang saya bawa ke Indonesia,” ucap model bertinggi 173 cm itu.

Baginya, membuat masakan Korea ada tantangannya sendiri. ”Sebenernya susah-susah gampang, kembali lagi kayak masakan Indonesia yang kaya rempah-rempah, nah masakan Korea juga begitu kompleks. Ada bahan-bahan basic kayak gochujang, gochugaru,” ungkapnya.

“Kesulitannya lebih ke bagaimana membawa masakan Korea yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Misalnya kalau makanan di Korea itu laku, tapi ketika dijual di Indonesia jadi nggak laku, jadi harus dimodifikasi,” tutur Carla. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here