6 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Berat Badan

Kelapa segar memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pinterest/Stylecraze)
Kelapa segar memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. (Foto: Pinterest/Stylecraze)

Air kelapa yang dikenal nikmat dan menyegarkan, juga memiliki manfaat yang besar terhadap kesehatan. Air kelapa bebas lemak dan kolesterol, namun juga kaya akan elektrolit yang membantu hidrasi dan meningkatkan kesehatan jantung kita.

Dalam 240 ml air kelapa segar menyediakan 60 kalori, 15 gram karbohidrat, 8 gram gula, dan kaya akan potasium, magnesium, dan kalsium. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, terdapat enam manfaat kesehatan utama yang ada pada air kelapa segar, yang dihimpun dari berbagai pendapat pakar.

1. Menyeimbangkan elektrolit tubuh

Melansir Times of India, air kelapa kaya akan kandungan elektrolit alami seperti natrium, magnesium, kalsium, dan kalium. Elektrolit ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan air pada tubuh. Serta membantu pengangkutan limbah keluar sel, mendukung fungsi otot dan saraf, dan menstabilkan tekanan darah.

| BACA JUGA : Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Minuman ini sangat bermanfaat untuk mengatasi ketidakseimbangan elektrolit yang dapat terjadi selama aktivitas fisik. Dengan kadar gula yang lebih rendah dibandingkan minuman olahraga lainnya dan kandungan karbohidrat yang besar, air kelapa bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otot.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Enzim yang ada dalam air kelapa meingkatkan kesehatan pencernaan dan membantu meringankan gangguan pencernaan. Air kelapa segar juga mengandung asam laurat, zat penting yang membantu metabolisme dan meningkatkan sifat antibakteri dan antivirus.

Mengonsumsi air kelapa di pagi hari dapat meningkatkan efisiensi sistem pencernaan, membersihkan parasit usus, dan memulihkan bakteri menguntungkan atau bakteri baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa murni merupakan sumber sitokinin alami, yang dikenal memiliki sifat anti penuaan dan anti kanker, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Minuman ini membantu memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi dan melawan stres oksidatif.

4. Menjaga berat badan

Meskipun rasanya manis, air kelapa murni memiliki lebih sedikit kalori dan gula dibandingkan minuman lainnya, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat.

| BACA JUGA : Sederet Manfaat Kunyit, Bisa Meringankan Gejala Depresi

Kandungan seratnya yang tinggi membantu menciptakan rasa kenyang, sehingga dapat mencegah makan berlebihan. Selain itu, potasium dalam air kelapa membantu mengatur keseimbangan limbah dan metabolisme.

5. Menghidrasi kulit

Dikutip dari Healthline, air kelapa mengandung kinetin yang membantu mencegah kerusakan oksidatif dan memperlambat penuaan sel. Asam laurat dalam air kelapa, yang dikenal dengan sifat antibakterinya, juga membantu pengobatan jerawat dan hidrasi kulit.

6. Mendetoks Ginjal

Air kelapa murni memiliki sifat diuretik alami, yang membantu detoksifikasi ginjal dengan menghilangkan racun. Asupan teratur dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal dan mendukung kesehatan saluran kemih.

| BACA JUGA : Manfaat Minum Kopi, Tingkatkan Kualitas Tidur Lansia

Dilansir oleh VN Express, meskipun air kelapa adalah minuman yang menghidrasi dengan banyak manfaat kesehatan, air kelapa mengandung karbohidrat yang dapat memicu atau memperburuk gejala pencernaan pada individu dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS).

Selain itu, meski kadar gula pada air kelapa tergolong sedang, namun penderita diabetes harus berhati-hati dan menghindari mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan karena dapat mempengaruhi kadar gula darah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here