Trending Di Netflix, Film Under Paris Terinspirasi dari Kisah Nyata?

Film Under Paris Netflix gabungkan cerita fiksi dengan kejadian nyata. Foto: Dok. Netflix
Film Under Paris Netflix gabungkan cerita fiksi dengan kejadian nyata. Foto: Dok. Netflix

Under Paris. Film tentang teror hiu mematikan ini kini trending di Netflix, satu minggu setelah perilisannya pada tanggal 5 Juni lalu.

Terhitung hingga hari ini (13/6), Under Paris sudah ditonton lebih dari 70 juta jam dan berada di posisi pertama sebagai film non-English terpopuler sejak minggu lalu. Film ini juga menjadi film terpopuler di berbagai negara Eropa, Amerika, dan Asia, termasuk Indonesia.

Dengan kisah teror hiu yang menegangkan, apakah Under Paris terinspirasi dari kisah nyata?

Beberapa film tentang serangan hiu pada manusia seperti Open Water dan The Reef adalah film-film yang diambil dari kisah nyata yang benar-benar terjadi. Namun ini berbeda dengan Under Paris.

| Baca Juga : Mirip Under Paris, Ini Rekomendasi Film Tentang Teror Hiu Ganas

Under Paris sendiri bercerita tentang sebuah hiu bernama Lilith yang ditemukan berkeliaran di Sungai Siene, Paris. Padahal, sungai ini nantinya akan dijadikan lokasi untuk kompetisi triathlon yang diikuti oleh banyak atlet. Keberadaan Lilith kemudian menjadi sebuah ancaman yang bisa membahayakan nyawa orang banyak.

Tak sepenuhnya diambil dari kisah nyata, Under Paris ternyata didominasi oleh cerita fiksi. Tetapi film ini mengambil inspirasi dari berbagai kisah nyata soal teror hiu ganas yang mengancam manusia.

Yang menarik dari film ini adalah, pada tahun 2022 lalu, ternyata juga sempat diketahui ada hiu porbeagle yang berenang memasuki perairan Sungai Seine, dekat Roune. Mirip sekali dengan premis film yang disajikan.

Untuk menambah ketegangan, pihak produksi lalu menggabungkan kisahnya dengan kejadian asli yaitu pelaksanaan kejuaraan triathlon di Olimpiade Paris 2024 yang akan digelar pada bulan Juli-Agustus mendatang.

| Baca Juga : 7 Film Horor Baru Penuh Teror Pekan Ini, Ada Under Paris!

Secara khusus, film ini ingin memberikan gambaran kepada publik bahwa kerusakan alam bisa berdampak pada kehidupan hewan-hewan liar yang akhirnya berkeliaran keluar dari habitat mereka yang seharusnya demi mencari tempat yang lebih baik.

Hal serupa ini pernah terjadi pada tahun 1933, saat seekor hiu putih besar masuk ke perairan Sungai Hudson, Amerika Serikat, karena kerusakan lingkungan yang berpengaruh pada habitat mereka.

Sementara itu, jika kalian penasaran dengan kelanjutan nasib dari Lilith, Under Paris bisa langsung disaksikan Netflix. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here