Pebasket yang Menjadi Logo NBA, Meninggal Dunia

Jerry West Meninggal Dunia (Foto : Instagram/@NBA)
Jerry West Meninggal Dunia (Foto : Instagram/@NBA)

Jerry West, salah satu pemain legendaris yang siluetnya menjadi inspirasi bagi logo NBA, kasta tertinggi liga basket Amerika, meninggal dunia di usia 86 tahun.

Berita meninggalnya West, dikonfirmasi oleh Los Angeles Clippers pada, Rabu (12/06) waktu setempat.

Jerry West berhasil tampil di sembilan laga final NBA bersama Los Angeles Lakers dan sukses memenangkan satu gelar juara pada 1972. Dia juga tampil 14 tahun dalam laga NBA All-Star sebuah laga dimana satu tim berisikan pemain terbaik di NBA musim tersebut.

| Baca Juga : Tirukan Gaya Kobe Bryant, Influencer di Tiongkok Ini Raup Untung

“Jerry West, yang merupakan perwujudan kesempurnaan di bola basket dan teman bagi mereka yang mengenalnya, meninggal dunia pada pagi ini di usia 86 tahun. Dia didampingi oleh istrinya, Karen,” ungkap Clippers dilansir dari instagram resminya.

West juga merupakan pemain ketiga dalam sejarah MBA yang sukses mencapai 25 ribu poin setelah Wilt Chamberlain dan Oscar Robertson. West pensiun dengan torehan 25.193 poin. Jerry West juga merupakan bagian dari timnas basket Amerika Serikat yang memenangkan medali emas dalam Olimpiade Roma 1960.

Selain julukan “The Logo”, West juga mendapat julukan “Mr Clutch” karena kemampuannya memenangkan pertandingan ketika laga berjalan ketat memasuki akhir pertandingan.

| Baca Juga : Legenda Basket Bill Walton Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya

Tahun 1974, Jerry West resmi mengakhiri karirnya sebagai seorang pemain dan kemudian menjalankan peran baru yaitu sebagai pelatih. Dua tahun kemudian, West menukangi Lakers selama tiga musim.

West kemudian menjadi eksekutif dari NBA dan disebut sebagai otak dibalik terbentuknya Lakers era Showtime pada 1980-an, yang sukses memenangkan lima gelar dalam satu dekade.

Masa baktinya bersama Lakers berakhir pada tahun 2000 dan kemudian West menjadi eksekutif dari Memphis Grizzlies, Golden State Warriors, dan Los Angeles Clippers.

“Jerry West adalah pebasket jenius dan figur penting di NBA selama lebih dari 60 tahun,” ujar Komisioner NBA Adam Silver. “Sebagai seorang pemain dan seorang eksekutif, dia membawa pengaruh besar di bola basket,” ungkap pernyataan resmi dari Basketball Hall of Fame. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here