4 Kesalahan Merawat Kulit yang Membuat Jerawat Makin Parah

Foto: Dok. Pexels/Polina Tankilevitch

Merawat wajah tak hanya sekadar membersihkan, dan memakai produk skincare saja. Tetapi ada faktor lain yang perlu kamu perhatikan, agar tak timbul masalah pada wajah.

Menurut dokter kecantikan asal Houston, Texas, Neil Farnsworth mengungkapkan, ada empat kebiasaan yang harus dihindari, agar jerawat di kulit tak makin parah. Apa saja?

1. Eksfoliasi dengan scrub kasar

Salah satu cara untuk meringankan jerawat beserta bekasnya ialah, rutin melakukan eksfoliasi.

Dengan eksfoliasi, kulit mati akan dikikis dan digantikan oleh sel baru yang bisa menyembuhkan jerawat.

Banyak jenis eksfoliasi yang ditemui dipasaran, seperti serum, masker sampai scrub. Namun dokter Neil sangat tidak menganjurkan eksfoliasi dengan scrub. Sebab bila butiran scrub terlalu kasar, maka akan menyebabkan iritasi yang makin memperparah jerawat.

Baca Juga: Cegah Masalah Kulit Wajah dengan Skincare yang Tepat

2. Pakai produk berbahan dasar minyak

Biasanya, jerawat identik dengan pemilik kulit berminyak. Jerawat akan makin parah bila kamu menggunakan produk yang terlalu pekat dan berminyak.

Tak hanya skincare saja, bahan-bahan ini juga bisa ditemui di produk perawatan rambut, produk perawatan tubuh dan make up. Bahan pekat ini berpotensi menyumbat pori-pori, yang meyebabkan tumbuhnya jerawat baru.

Dokter menyarankan untuk memilih produk yang bebas minyak dengan label non-comedogenic atau oil free.

3. Memakai banyak skincare

Mungkin masih banyak yang berpikir, dengan memakai banyak skincare, maka efeknya akan semakin baik. Eits… belum tentu, perawatan kulit secara berlapis-lapis, belum tentu cocok untuk semua kondisi kulit wajah. Terutama bagi mereka yang rentan berjerawat.

Basic skincare adalah cara yang paling aman untuk kulit berjerawat. Kamu hanya perlu face wash gentle, mosturizer dan sunscreen.

Baca Juga: Lee Yoo Bi Bocorkan Rahasia Kulit Mulusnya

4. Terlalu cepat gonta-ganti skincare

Produk skincare memang selalu ada yang baru setiap tahunnya. Bagi kamu yang selalu kepo, pasti sangat tergoda ingin membeli produk baru tersebut. Tapi, jangan terlalu sering gonta-ganti skincare ya, karena ditakutkan ada kandungan yang tidak cocok yang bisa mengiritasi kulitmu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here