Para Vegetarian Wajib Merapat! Vegan Festival Terbesar di Dunia Hadir di Surabaya

Foto: Dok. Pexels

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi. Vegan Festival hadir kembali menyapa para vegetarian di Indonesia. Usai keliling ke Bali dan Jakarta. Kini, giliran Surabaya menjadi kota ketiga yang disinggahi.

Pengunjung dapat mencicipi aneka masakan yang diolah tanpa menggunakan daging. Baik itu ayam, sapi hingga ikan.

Vegan Festival 2022 mengusung tema “Wonderland Indonesia”. Telah siap dibuka selama 4 hari yakni mulai tanggal 8-11 Desember 2022. Pesta kuliner vegetarian ini bertempat di Exhibition Hall Grand City, Surabaya.

Festival ini juga diramaikan oleh 120 stand yang menjajakan 500 menu minuman dan makanan nabati. Dengan menggunakan area seluas 4200 m2.

|Baca Juga: Khasiat Menakjubkan Mandi dengan Rebusan Batang Serei

Foto: Dok. Joan Digo

Tak heran jika fetival ini mencetak 2 rekor sekaligus. Yakni dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dan Lembaga Record Prestasi Dunia dalam kategori penyelenggara vegan festival terbesar.

“Vegan festival di Surabaya jadi acara terbesar karena ada 120 peserta stand, paling banyak dari kota-kota sebelumnya,” ucap Susanto, Ketua Indonesia Vegetarian Society (IVY) Jawa Timur saat Press Conference di Exhibition Hall Grand City, Kamis (8/12) lalu.

Vegan Festival sendiri dimulai sejak tahun 2011. Setiap tahunnya animo masyarakat selalu bertambah. Sebab semakin banyak orang yang sadar terhadap pola hidup sehat, menjaga kebugaran, ketahanan tubuh serta imunitas. Dari kesadaran itu timbullah inisiatif untuk meningkatkan konsumsi makanan nabati.

Khususnya di Surabaya, konsep pola hidup vegan telah menjadi tren tersendiri di kalangan remaja. Seperti pola makan diet yang telah diterapkan di beberapa sekolah.

|Baca Juga: Simak 4 Tips Ini Agar Kamu Terhindar Dari Celebrity Worship Syndrom

Menurut Dr. Susianto, MKM dengan menjadi seorang vegan. Setiap orang sudah ikut andil dalam menyelamatkan dunia dari kelaparan, mengurangi efek global warming dan dampak kerusakan lingkuhan.

“Menurut The United Nations, perdagangan daging merupakan salah satu dari dua atau tiga faktor utama dalam pengontribusian masalah lingkungan yang serius dalam segala jangkauan baik secara lokal maupun global,” katanya.

“Saat ini di Indonesia saja sudah ada 209 sekolah vegan & vegetarian, 7 rumah sakit vegan & vegetarian, 4 hotel vegan & vegetarian, dan 4 universitas vegan & vegetarian. Amerika Serikat saja sampai kaget,” imbuhnya.

Selain pameran kuliner, event ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai acara. Seperti Workshop & Talkshow bersama para pakar, demo masak vegan bersama Demo masak began oleh Chef Juna Rorimpandey & Vivian Amelia.

KAPHA Yoga oleh Caroline Ang & Partners, pound fit oleh Pound Zubazi. Aneka lomba, meet & greet bersama artis, doorprize sepeda motor, hingga medical check up. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here