VCR IVE di MMA 2022 Dituding Plagiat Red Velvet

Foto: Dok. Koreaboo

IVE telah mengambil sejarah dalam perjalanan karir mereka, dalam ajang Melon Music Awards (MMA) 2022. Diketahui Wonyoung CS sukses memboyong empat penghargaan sebagai Grup Rookie. Akan tetapi momen yang seharusnya membahagiakan bagi IVE justru diwarnai tudingan plagiat.

VCR yang ditampilkan IVE dalam penampilan mereka dituding mirip dengan konsep MV ‘One of These Nights’ milik Red Velvet. VCR yang menarik perhatian itu lantas menimbulkan banyak pro dan kontra. Namun perbandingannya lebih banyak yang menyudutkan IVE.

Penggemar Red Velvet berspekulasi bahwa tak sepantasnya IVE melakukan hal itu. Kemiripan itu juga banyak menimbulkan penggemar yang melakukan cocoklogi berbau plagiarisme.

|Baca Juga: Gara-Gara Stiker, G-Dragon dan Jang Won Young ‘IVE’ Diisukan Berkencan

Foto: Dok. AllKpop

Tak hanya IVE, Starship Entertainment, selaku agensi yang menaungi girlband dengan enam member tersebut ikut terkena imbasnya.
Penggemar menemukan ada kemiripan antara adegan Wonyoung dan Wendy menerobos ke dalam ruangan untuk bergabung dengan member lainnya.

Kemudian ada adegan di mana kelima member IVE duduk dalam formasi lingkaran dengan lilin di bagian tengah di bawah langit malam. Dalam MV Red Velvet, kelima member juga duduk mengelilingi lilin

MV ‘One of These Nights’ dipercaya punya makna mendalam sebagai tribute terhadap tragedi kapal Sewol. Namun narasi yang digunakan IVE adalah “pesta tak terlupakan”, hal ini pun menjadi sorotan.

|Baca Juga: Membanggakan! Adik Song Joong Ki Lulus dari Universitas Terbaik di Korea

Di tengah kehebohan kemiripan VCR IVE dan MV Red Velvet, penggemar meminta Starship Entertainment meminta maaf pada kedua grup. Pertama, karena diduga adanya unsur plagiat dalam VCR yang digunakan IVE.

Di sisi lain, agensi juga harus bertanggung jawab bahwa harusnya malam itu jadi sejarah mengesankan untuk IVE. Namun, adanya tuduhan meniru MV girl grup yang lebih senior telah menodai momen yang seharusnya dirayakan pelantun “Love Dive” tersebut.

Dalam ajang MMA 2022, IVE memenangkan trofi untuk kategori “Best New Artist”, “Best Female Group” dan “Top 10 Artist”. Sedangkan lagu hits mereka “Love Dive” telah terpilih sebagai “Song of The Year”. *dev/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here