Sarat Adat Jawa! Berikut Momen Malam Midodareni Kaesang-Erina

Foto: Dok. Rusman

Kaesang-Erina menjalani Midodareni pada Jumat (9/12) malam lalu. Prosesi itu menjadi malam terakhir keduanya sebagai lajang, sebelum mengikat janji suci pernikahan di Pendopo Agung Royal Ambarukkmo, pada Sabtu (10/12) siang.

Keluarga besar Joko Widodo beserta anak bungsunya, Kaesang Pangarep, tiba di rumah Erina di Jalan Lombok sekitar pukul 19.00 WIB. Rombongan tersebut kompak mengenakan beskap berwarna ungu. Prianya gagah berbeskap, wanitanya anggun berkebaya. Tampak juga cucu-cucu Jokowi Hadir dengan pakaian serupa.

1. Penyerahan Seserahan

Foto: Dok. Rusman

|Baca Juga: Pesan Haru Jokowi dan Iriana Untuk Kaesang Jelang Hari Pernikahan

Gibran Rakabuming Raka selaku perwakilan dari keluarga Joko Widodo datang membawa beberapa seserahan. Yakni Peningset yang berupa kalung serta gelang untuk Erina.

“Saya Gibran Rakabuming Raka mewakili keluarga dari Solo, mewakili keluarga Bapak Joko Widodo beserta Ibu Iriana, bermaksud untuk pertama menyerahkan hantaran peningset tanda tali kasih antara kedua calon mempelai,” ujar Gibran.

Selain peningset, dibawakan juga pisang raja dan jaddah wajik dalam hantaran tersebut. Kedua makanan tersebut menjadi lambang reraketan.

2. Pembacaan Catur Wedha

Foto: Dok. Rusman

Usai hantaran diserahkan. Acara dilanjutkan dengan pembacaan catur wedha oleh Abdul Muhaimin selaku perwakilan keluarga Erina.

Catur Wedha adalah wejangan terkait empat sikap utama bagi kedua calon mempelai. Empat pesan utama tersebut antara lain, agar kedua mempelai bersikap lebih dewasa, bertanggung jawab, dan saling menghormati dan menghargai; selalu berbakti kepada mertua sebagaimana kepada kedua orang tua; menjaga sikap dan perilaku serta patuh terhadap hukum dan etika dalam bermasyarakat; serta taati dan jalankan ajaran agama Islam.

“Terakhir, terimalah Ananda Erina Sofia Gudono apa adanya. Terimalah ia dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Terimalah ia dalam mudanya dan tuanya. Terimalah ia dalam sehatnya dan sakitnya. Bimbinglah ia untuk menuju rumah tangga yang bahagia. Jadikanlah ia istri pertama dan terakhirmu sampai akhir hayat dikandung badan,” ujar Muhaimin membacakan pesan dari keluarga Erina.

3. Upacara Tilik Nitik

Foto: Dok. Rusman

|Baca Juga: Penampakan Kereta Kuda yang Hantarkan Erina Gudono Menuju Pendopo Akad Nikah

Selepas pembacaan catur wedha dan perkenalan keluarga. Prosesi berlanjut dengan upacara Tilik Nitik. Yakni ibunda Erina Gudono mengantarkan Ibu Iriana, Selvi Ananda, dan Kahiyang Ayu untuk melihat calon mempelai wanita. Sedangkan pihak pria termasuk Kaesang tidak diperbolehkan untuk ikut Tilik Nitik.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana sempat memberikan pesan ke Erina untuk tetap jaga kesehatan.

“Ya tadi ibu Iriana, Mbak Selvi, dan Mbak Ayang (Kahiyang) menemui aku di dalam kamar. Lalu ibu Iriana berpesan ‘Jangan capek-capek, dijaga kesehatannya soalnya besok kan mau akad’ gitu,” ujar Erina usai prosesi Midodareni, Jumat lalu. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here