Penuh Khidmat, Intip Momen Pengajian Erina Gudono Jelang Pernikahan dengan Kaesang Pangarep

Foto: Dok. Rusman

Rangkaian acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, dengan calon istrinya Erina Gudono dimulai pada hari ini. Rangkaian diawali dengan pengajian yang digelar di rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (8/12) lalu.

Dalam acara pengajian tersebut digelar semaan Al-Qur’an atau tradisi membaca dan menyimak pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Pihak keluarga mengundang sejumlah santri dari pondok pesantren serta para tetangga dan kerabat dekat keluarga mempelai.

|Baca Juga: Polda Jateng Buat Posko Kesehatan Saat Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Tampak calon mempelai wanita, Erina Gudono, duduk diapit oleh sang ibu Sofiatun Gudono dan kakaknya Allen Gudono. Erina tampak anggun mengenakan pakaian berwarna abu muda, lengkap dengan kain penutup kepala berwarna senada. Ruangan yang digunakan untuk acara tersebut telah dihias sedemikian rupa sehingga makin menambah kesan khidmat dan sakral.

Menurut Muhaimin, paman dari Erina yang mewakili keluarga, khataman 30 juz Al-Qur’an dilakukan oleh 15 tim yang masing-masing mengkhatamkan dua juz.

“Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa,” ujar Muhaimin.

|Baca Juga: Ratusan Becak dan Andong Siap Antar Tamu ke Acara Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Dalam pengajian tersebut juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman yang berlangsung pada Jumat (9/12). Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

“Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, didoakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman,” ungkapnya. “Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber,” lanjutnya.

Selain digelar di rumah calon mempelai wanita, pengajian juga digelar di rumah calon mempelai pria di daerah Sumber, Kota Surakarta, setelah shalat Ashar. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here