Demi Kampanye Kanker Kulit, Ribuan Orang Rela Telanjang di Pinggir Pantai Sydney

Foto: Dok. DonArnold/WireImage/GettyImages

Sebanyak 2.500 orang memenuhi Pantai Bondi di Sydney, Australia pada Sabtu (26/11) lalu. Mereka datang tanpa mengenakan pakaian alias bugil. Tindakan tersebut langsung menyita perhatian dunia. Usut punya usut, kegiatan telanjang secara beramai-ramai itu merupakan bagian dari kampanye tentang kanker kulit melanoma.

Mereka nampak bergaya mengikuti arahan dari seniman fotografi ternama asal Amerika Serikat, Spencer Tunick. Padahal saat itu cuaca di sekitar pantai yang terik. Karya itu juga dikenal dengan pemotretan telanjang yang ternyata sudah sering dilakukan di tempat-tempat penting di seluruh dunia.

“Kami punya kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pemeriksaan kulit dan saya merasa terhormat datang kesini. Membuat karya seni ini,” kata Tunick di pantai Sydney seperti yang dilansir dari Reuters.

|Baca Juga: Masih Misterius! 4 Kesaksian Warga Ungkap Detik-Detik Kematian Keluarga di Kalideres

Salah satu peserta kampanye, Robyn Lindner mengaku gugup saat mengikutinya. “Saya diam-diam ketakutan dan tadi malam saya sempat berfikir ‘apa yang telah saya lakukan?’. Tapi itu hebat, semua orang sangat baik, semua orang sangat hormat dan itu sudah terasa sangat menyenangkan,” katanya

Kampanye ini merupakan proyek keempat Tunick di Australia, setelah pemotretan pada tahun 2010. Dimana pada saat itu, ia berhasil mengumpulkan sebanyak 5.500 orang di di Gedung Opera Sydney.

|Baca Juga: Pernah Donorkan Ginjal, Fransiska Ncis Meninggal di Hari Pahlawan

Tunick bekerja sama dengan Skin Check Champions, sebuah badan amal yang telah menjalankan klinik pemeriksaan kulit secara gratis. Pemotretan itu juga bertepatan dengan Pekan Aksi Kanker Kulit Nasional di Australia.

Founder Skin Check Champions, Scott Maggs mendesak kepada semua orang untuk melakukan pemeriksaan kulit sejak dini. Sebab semakin banyak orang menunda pemerikasaan rutin selama ini sehingga meningkatkan resiko orang mengalami kanker kulit.
Australia menempati perigkat kedua dengan kasus kanker kulit tertinggi di dunia. Dengan dua atau tiga orang didiagnosis pada usia 70 tahun. *pad/ika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here