5 Fakta Abdul Hamid, Pengisi Suara Pak Ogah yang Meninggal di Usia 74 Tahun

Foto: Dok. Instagram

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan tanah air. Kali ini nama Abdul Hamid atau yang akrab dipanggil Pak Ogah telah menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (28/12) lalu.

Abdul Hamid meninggal di usia 74 tahun. Ia diketahui sebagai pengisi suara Pak Ogah dalam serial anak-anak “Si Unyil”. Sehingga karakter tersebut sangat melekat dalam diri Abdul Hamid.

Sebelum meninggal dunia, Pak Ogah sempat menderita beberapa penyakit seperti stroke dan alzheimer. Hal itulah yang membuat dirinya kerap bolak-balik masuk rumah sakit dari 2018 lalu.

Sosok Pak Ogah sangatlah ikonik bagi generasi 80-an dan 90-an, sehingga berita duka ini menjadi trending topik di sosial media. Banyak netizen yang berbondong-bondong mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan.

|Baca Juga: Rencana Kunto Aji Bikin Album Baru dan Gelar Tur Tahun Depan

Untuk mengenang Pak Ogah, Nyata telah merangkum beberapa fakta seperti berikut ini:

  1. Awal mula menjadi Pak Ogah

Serial Si Unyil pertama kali ditayangkan di layar kaca pada tahun 1981 di TVRI. Abdul Hamid terpilih sebagai pengisi suara karakter Pak Ogah, artinya ia telah menjadi dubbing selama 30 tahun lamanya.

  1. Arti nama Pak Ogah

Dalam serial Si Unyil, sebenarnya ada beberapa karakter yang tak kalah populer seperti Unyil, Usro, Melani dan Pak Raden. Namun, nama Pak Ogah sangatlah melekat karena memiliki kepribadian yang ogah-ogahan atau pemalas. Daripada cari uang, Pak Ogah justru lebih suka rebahan di Pos Ronda.

  1. Penampilan yang sama dengan Pak Ogah

Abdul Hamid semasa hidupnya seakan-akan mendedikasikan dirinya untuk Pak Ogah. Tidak hanya menjadi pengisi suara saja, Abdul ternyata berpakaian layaknya karakter wayang golek itu. Ia pun membabat habis rambutnya, sehingga botak dan mirip dengan Pak Ogah.

|Baca Juga: Album Baru Sammy Simorangkir Terinspirasi dari Kisah Cintanya dengan Sang Istri

  1. Kalimat ikonik

Selain memiliki perangai yang malas, karakter Pak Ogah juga sering memalak orang yang lewat Pos Ronda, biasanya dia akan bilang, “Cepek (seratus) dulu dong,”. Kalimat itu sangatlah melekat dalam diri Pak Ogah, jadi sewaktu ada stasiun televisi yang ingin merubah kalimat itu, Abdul Hamid pun menolaknya, karena itu sudah menjadi ciri Khas dari Pak Ogah yang sayang untuk diubah.

  1. Mengalami kesulitan ekonomi

Penyakit yang diderita Pak Ogah ternyata membuatnya kesulitan untuk berbicara, padahal suara adalah sumber penghasilannya. Oleh sebab itu, ia sempat mengalami masalah keuangan karena harus membayar biaya berobat dan menanggung hidup keluarganya. Beberapa rekan artis sempat memberikan bantuan kepada Pak Ogah seperti Melanie Subono dan Deddy Corbuzier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here