Sayang Istri, Pria India Habiskan Miliaran Rupiah untuk Bangun Replika Taj Mahal. Yuk Intip Kemegahannya!

replika-taj-mahal-1
Foto: AFP/Getty Images

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk membuktikan rasa cintanya kepada pasangan. Ada yang menunjukkannya dengan cara-cara sederhana. Ada pula yang rela melakukan hal-hal besar dan unik. Seperti yang dilakukan oleh seorang pria asal India, Anand Prakash Chouksey yang rela merogoh kocek hingga Rp 3,7 miliar untuk membangun replika Taj Mahal yang dipersembahkan untuk istrinya, Manju Shah. 

Pengusaha asal Madhya Pradesh, India itu membangun replika ‘monumen cinta’ itu di atas tanahnya yang berukuran 50 acres di Burhanpur India. Bangunan tersebut memiliki ukuran sepertiga dari ukuran monumen asli Taj Mahal. 

replika-taj-mahal-pengusaha-asal-india-3,7-milia-rupiah
Anand dan replika Taj Mahal yang dibangunnya sebagai persembahan spesial untuk sang istri. Foto: CNN

Baca juga: The Real Crazy Rich, Rumah 27 Lantai Hanya Dihuni 5 Orang!

Menariknya, monumen cinta yang dipersembahkan Anand untuk perempuan yang dinikahinya selama 27 tahun itu dibangun dari marmer putih yang sama dengan Taj Mahal. Anand dan tim harus berkali-kali mengunjungi Taj Mahal yang berada di Agra, Uttar Pradesh untuk meniru konstruksi serta interior bangunan tersebut.

“Kami menggunakan marmer dari Makrana untuk membangun replika ini. Marmer tersebut sama dengan yang digunakan untuk membangun Taj Mahal asli,” terang Anand. 

Butuh waktu tiga tahun untuk menyelesaikan banguan tersebut. Rumah mewah ini dilengkapi empat kamar tidur, dapur, perpustakaan dan kamar-kamar lain. Empat buah menara mengelilingi di bagian luarnya. 

taj mahal replika 1
Interior bangunan Replika Taj Mahal. Foto: AFP/Getty Images

Sebelum membangun replika tersebut, Anand memang sempat bercanda bahwa Taj Mahal lain akan dibangun jika sang istri meninggal untuk mengenangnya. Namun istrinya menolak. Kemudian laki-laki yang juga berprofesi sebagai guru itu memutuskan membangun replika Taj Mahal untuk ditinggali bersama sang istri. 

“Tidak masalah kalau begitu, aku akan membuatkan Taj Mahal untuk kamu tinggali,” ujar laki-laki seperti dilansir dari World of Buzz

anand prakesh replika taj mahal dan manju shah istri
Anand dan istrinya, Manju Shah. Foto: AFP/Getty Images

Baca juga: Kanika Kapoor, Penyanyi India Pertama yang Tampil di Istana Buckingham

Usut punya usut, istri Anand, Manju Shah hanya meminta ruang meditasi di bangunan tersebut. Sebab Manju memang selalu melakukan meditasi. 

“Istriku hanya meminta ruang meditasi. Dia sangat spiritual. Dia mengatakan kubah memberikan suasana lingkungan yang berbeda, dan ada begitu banyak energi positif,” kata Anand seperti dilansir dari AFP

taj mahal replika
Foto: AFP/Getty Images

Replika Taj Mahal kini tak hanya menjadi tempat tinggal pasangan Anand dan Manju. Pria 52 tahun itu juga mengizinkan pengunjung untuk menyambangi kediamannya. Namun tidak semuanya diizinkan untuk masuk ke dalam bangunan itu. 

“Banyak sekali orang-orang berkunjung dan melakukan pemotretan prewed di sini. Aku tak menghentikan mereka karena kota kami, kami adalah komunitas yang begitu dekat satu sama lain. Kami mengenal setiap orang. Jadi rumaj kami terbuka untuk semua orang,” cerita Anand kepada BBC

replika-taj-mahal-11
Foto: AFP/Getty Images

Tak hanya ingin mempersembahkan bangunan tersebut sebagai tanda cinta untuk sang istri, Anand juga ingin menyampaikan pesan perdamaian. Ia mengatakan bahwa replika ‘monumen cinta’ Taj Mahal ini merupakan simbol dari cinta yang tak akan bisa terpisah karena perbedaan yang ada. 

“Sekarang begitu banyak rasa benci di negara kami. Orang-orang dipisahkan karena agama dan kasta. Dan rumah ini merupakan simbol dari cinta yang melampaui perbedaan sosial dan kepentingan politik,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here