Skincare Newbie, Gunakan Metode CTMP untuk Kulit Glowing Yuk!

pemula skincare metode ctmp
Foto. Dok. @kalosskin

Bagi seorang newbie alias pemula yang ingin menggunakan skincare, rasanya kamu wajib coba metode CTMP. Ya, sebutan ini kepanjangan dari Cleanser-Toner-Moisturizer-Protect. Daripada melakukan 10 steps skincare ala Korea yang rumit dan bikin pusing kepala. Kamu cukup melakukanempat tahapan ini. Mau tahu apa saja? Simak yuk!

1. Cleanser

Cleans (membersihkan wajah) dari debu dan kotoran. Pada tahapan ini proses membersihkan wajah dibagi lagi menjadi dua bagian, first cleanser dan second cleanser. First cleanser biasanya menggunakan bahan yang terbuat dari minyak atau micellar water, caranya adalah dengan menuangkan cairan pembersih itu ke atas kapas kemudian usapkan perlahan pada wajah hingga kotoran terangkat.

pemula skincare metode ctmp
Foto: Dok. Freepik

Second cleanser adalah langkah pelengkap dalam step ini. Setelah wajah kamu bersihkan dengan lembut, lalu mulailah mencuci wajah sampai bersih menggunakan sabun cuci muka berbahan foam untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin masih ada. Setelah itu, rasakan sensasi bersihnya wajahmu.

Kedua step ini adalah kesatuan dan tidak bisa dipisahkan kalau kamu ingin hasil maksimal.

2. Toner

Selesai dengan proses membersihkan wajah selanjutnya kamu harus menggunakan exfoliating toner, untuk mengangkat sel kulit mati dan hydrating toner untuk menghidrasi kulit. Kedua rangkaian ini harus dilakukan supaya kulit terlihat glowing maksimal.

Exfoliating toner bisa kamu gunakan seminggu sekali untuk mencegah adanya iritasi di wajah. Sedangkan hydrating toner bisa digunakan setiap hari dalam rangkaian skincare pagi dan malam, meskipun kamu memiliki wajah yang berminyak. Fungsi hydrating toner bukan untuk membuat wajah berminyak, tetapi membuat wajah terjaga kelembabannya. Jika wajah sudah terjaga kelembabannya maka produksi minyak alami wajah akan berkurang.

3. Moisturizer

Menambahkan krim pelembab pada wajah bagus dilakukan. Hal ini berfungsi untuk mengunci kelembaban dari bahan skincare di wajah. Kelembapan kulit akan membantu memperbaiki skin barrier.

4. Protect

Terakhir adalah protect, yaitu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Pada langkah akhir ini kamu harus menggunakan tabir surya alias sunscreen supaya kulit wajah terhindar dari polusi dan radikal bebas yang dapat menyebabkan flek hitam dan penuaan dini. Gunakan sunscreen setiap 15-30 menit sebelum memulai aktivitas. Jangan lupa untuk reapply setiap tiga jam sekali.

| Baca juga: Tips Daur Ulang Kemasan Skincare Ala Influencer Tantri Namirah

Kalau kamu merasa masih pemula tapi ingin mencoba skincare anti ribet ribet club, metode CTMP jawabannya. Metode ini sifatnya basic banget lho. Jangan sampai basicnya belum mantap, sudah tambah bahan aktif lain di wajah. Bisa-bisa kulit kamu kaget dan menimbulkan break out. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here