5 Cara Nana Mirdad dan Andrew White Terapkan Sustainable Living. Wajib Dicontek Nih!

sustainable-living-nana-mirdad
Foto: Dok. Instagram @nanamirdad_

Sustainable living sedang tren. Gaya hidup ini lebih mengedepankan minim sampah atau limbah. Caranya dengan melakukan 3R yakni, reduce-reuse-recycle atau mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah. Seperti yang dilakukan pasangan seleb Nana Mirdad dan Andrew White.

Di sebuah acara, Nana dan Andrew mengaku tertarik menerapkan sustainable living agar hidup lebih sehat dan demi masa depan anak-anaknya nanti. “Kita melakukan ini demi anak, karena kalau alam seimbang, hidup sehat kita ya buat anak. Pengennya sih aku bisa terus berusaha membersamai anak, meski tidak ada yang tahu umur kita sampai mana,” ujar Nana, Selasa (30/11) lalu.

| Baca Juga: Kaya Nutrisi, 9 Kulit Buah dan Sayur Ini Bisa Dimakan Lho!

sustainable-living-nana-mirdad
Foto: Dok. Instagram @nanamirdad_

Pasangan yang menetap di Bali sejak 2006 itu juga membocorkan rahasianya bagaimana menjalani sustainable living:

Mengurangi Kantong Plastik

Nana dan Andrew berkomitmen tidak lagi menggunakan kantong plastik. Sebaliknya mereka memilih tas dari bahan kain ataupun kertas. Sehingga bisa dipakai berulang kali.

Menyimpan Makanan

Sustainable living juga mereka terapkan dalam makan. Artinya tidak membuang sisa bahan makanan sembarangan. Mereka memilih menyimpan dan mengolahnya jika bahan itu masih bisa diolah lagi.

“Misalnya batang brokoli, itu kan bisa dimasak, cari resepnya. Daripada dibuang kan jadi food waste dan memperbanyak sampah,” ujar anak Lidya Kandou.

Belanja di Pasar Tradisional

Salah satu kebiasaan Nana yang ramah lingkungan, menurut Andrew, adalah belanja kebutuhan makanan di pasar tradisional, “Nana tuh pasti kalau belanja sayur ke pasar lokal, bukannya ke supermarket,” ujar pria blasteran Indonesia-Australia itu. Sebab bahan di pasar tradisional tidak kalah berkualitas dibanding di supermarket.

Mulai dari Sekarang

Bagi Nana Mirdad dan Andrew menerapkan sustainable living tanpa menjalaninya sama saja bohong. “Suatu hal tidak akan berjalan jika tidak dimulai dari sekarang,” kata Nana.

Bergabung dengan Komunitas

Kedua artis ini tahu kalau gaya hidup ini masih jarang dan sulit dilakukan, apalagi zaman sekarang yang serba instan. Jadi bergabung dengan komunitas adalah cara terbaik agar bisa konsisten menerapkannya. Sehingga bisa saling sharing pengalaman dengan pelaku sustainable living lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here