5 Manfaat Mandi di Malam Hari. Ternyata Bisa Cegah Kram Lho!

mandi-malam-hari-baik-atau-tidak
Foto: Best Life Online

Jangan mandi di malam hari, nanti bisa rematik atau nyeri sendi, begitu pesan yang sering kita dengar. Faktanya, mandi malam dengan air hangat justru punya banyak manfaat. Di antaranya adalah:

1. Tidur Lebih Cepat

cara-menjaga-rambut-saat-tidur
Foto: Chatelaine

Mandi malam dengan air hangat setidaknya 90 menit sebelum tidur, akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Sehingga membuat tidur 10 menit lebih cepat dari biasanya. Itu karena air hangat sedikit menurunkan suhu tubuh, yang kemudian mengirim sinyal sudah waktunya untuk tidur.

2. Cegah Jerawat

Mandi sebelum tidur mencegah munculnya jerawat, karena bisa menghilangkan minyak, polutan dan residu yang menumpuk setelah beraktivitas. Selain itu dapat menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit dan menjaga hormon tetap seimbang.

3. Rambut Lebih Sehat

cara-melindungi-rambut-saat-tidur
Foto: All Things Hair

Mencuci rambut malam hari membuat Anda punya lebih banyak waktu untuk membiarkannya kering alami. Dengan begitu rambut lebih berkilau dan lembut, karena kelembaban terkunci. Sedang mengeringkan rambut dengan cepat di pagi hari dapat merusak helaian rambut, serta membuatnya lebih lemah dan kusam.

Baca juga: Selalu Tampil Fresh, Ini 5 Rahasia Cantik Prilly Latuconsina

4. Kurangi Keringat yang Berlebih

Mandi malam hari dapat membantu mencegah bau badan, karena mengurangi keluarnya keringat berlebih.

5. Cegah Kram Otot

Jika otot terasa nyeri dan pegal setelah lelah bekerja seharian, mandilah dengan air hangat. Ini dapat membantu menenangkan dan mencegah kram kaki di malam hari, yang umum menyerang 60 persen orang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here