Langka! Robby Purba Idap Tumor Payudara. Begini Kondisi Terkininya

robby purba
Dok. Instagram Robby Purba

Setelah beberapa waktu lalu sempat dilarikan ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) karena mengalami kecelakaan. Presenter tampan Robby Purba kini harus kembali masuk rumah sakit karena memiliki tumor payudara. Pria bernama asli Robby Caesar Titian Surya Purba ini membagikan momen operasi pengangkatan tumor.

Awalnya sehari yang lalu, ia mengunggah foto dirinya memakai kaos lengan panjang dan celana garis sedang melihat ke arah luar bangunan (rumah sakit) melalui kaca. Ia duduk meratap melihat kertas yang diduga sebuah hasil lab. “Every end is a new begining,” tulis mantan VJ MTV.

robby purba sakit
Dok. Instagram @robbypurba

Diunggahan foto selanjutnya ia telah berganti pakaian dengan pakaian rumah sakit. Duduk bersamanya di atas ranjang tidur rumah sakit, Jo Matthew kerabatnya yang selalu mendampinginya saat di rumah sakit.

robby purba pra operasi tumor payudara
Dok. Instagram @robbypurba

| Baca juga: Kabar Duka, Robby Purba Dilarikan Ke Rumah Sakit. Dapat 5 Jahitan. Kenapa?

Pria kelahiran Lampung itu juga membagikan momen 6 jam pra operasi dalam bentuk video. Rasanya Robby merasa cemas menjelang operasi tumor payudara. Meredakan kecemasan, ia memesan junkfood untuk terakhir kalinya. “Janji ini jadi junkfood terakhir dalam hidup aku 💙 2022 , aku sama kamu,” tulisnya mengisyaratkan bahwa karena makanan itulah ia harus terbaring di meja operasi.

robby purba pasca operasi tumor payudara
Dok. Instagram Robby Purba

Setelah berjuang 2,5 jam lamanya di meja dingin operasi akhirnya ia siuman. Momen pasca operasi itu tertangkap kamera, dan memperlihatkan bagian payudaranya yang tengah diperban. sembari menulis keterangan tentang keadaannya.

Pria dengan tumor payudara. Bisakah? Allhamdulillah ternyata bisa. Lagian apa sih yang nggak bisa, nah abang yang beruntung nih kasus yang jarang terjadi pada pria,” kata kakak kandung James Purba.

Ia juga menjelaskan keadaannya sembilan bulan belakangan, “Sudah 9 bulan mau olahraga sakit, turun tangga pun dada sakit. Jadi terganggu apalagi kalau lagi shooting dan harus lompat-lompat. Hehehe. Pemicunya banyak, selain karena genetik juga kaena suplemen gym atau susu (menurut dokter spesialisnya). Intinya lifestyle.

| Baca juga: Penyesalan Robby Purba

FYI, menurut CDC, tumor payudara bagi laki-laki adalah penyakit langka. Penyakit ini dianggap tak lazim bagi kebanyakan orang, padahal laki-laki pun sama memiliki kelenjar payudara seperti perempuan. Di Amerika, dari 100 orang mengidap tumor payudara, satu diantaranya adalah laki-laki.

Umumnya gejala yang dialami oleh penderita tumor pada laki-laki, sama seperti perempuan. Beberapa diantaranya adalah benjolan dan pembengkakkan pada payudara, kulit sekitar payudara kemerahan bahkan terkelupas, keluarnya puting dan iritasi pada areola. So, kalau kamu merasakan ada yang aneh dengan payudara mu, jangan ragu datang ke dokter spesialis ya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here