Bikin Nangis! Ini Kisah-Kisah dari Erupsi Gunung Semeru. Ada yang Sekeluarga Terkubur Abu Vulkanik

kisah erupsi gunung semeru
Dok. Tempo.co/REUTERS-Willy Kurniawan

Sudah lebih dari sepekan erupsi Gunung Semeru terjadi, tepatnya pada Sabtu (4/12), lalu. Gulungan awan panas tebal membawa abu vulkanik meluluh lantakkan 3 kabupaten di wilayah Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Blitar.

BNPB mencatat setidaknya kejadian ini mengakibatkan 45 orang tewas tertimbun abu panas, 2.970 rumah warga rusak, fasilitas umum dan akses jalan Malang – Lumajang terputus.

Sungguh, momen ini menyisakan banyak kenangan pilu bagi mereka yang selamat. Dari sekian banyak kenangan, beberapa kisah di bawah ini sungguh menyayat hati.

Rumini Tewas Memeluk Ibunya yang Lanjut Usia

rumini-dan-ibunya
Foto Rumini dan Ibu Salamah semasa hidup. Dok. TikTok

Salah satu kisah yang mengharukan adalah Rumini (28) yang ditemukan tertimpa reruntuhan bangunan dapur rumah bersama ibunya Salamah (70). Tak tega meninggalkan sang ibu yang tidak bisa berjalan, ia lebih memilih menemani hingga ajal menjemput.

Proses evakuasi Rumini dan ibunya yang ditemukan tewas berpelukan. Dok. TikTok Metro TV

Jenazah Rumini dan ibu Salamah, ditemukan relawan Baret Nasdem sedang berpelukan. Adik ipar Salamah mengaku saat kejadian erupsi berlangsung seluruh warga di desanya berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri. Rumini dan Salamah sendiri merupakan warga Dusun Curah Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Seorang Ibu yang Ditemukan Tewas Menggendong Bayinya

dampak-kerusakan-gunung-semeru
Dampak kerusakan erupsi Gunung Semeru Dok. Kompas/Garry Lotulung

Masih dari lokasi yang sama, yaitu Dusun Curah Kobokan, Supit Urang. Seorang ibu ditemukan tewas tertelan lahar erupsi, sedang menggendong anaknya. Diduga ibu dan anak ini hendak melarikan diri dari panasnya lahar Semeru namun tak sempat. Saat ditemukan, kondisi ibu yang belum diketahui identitasnya ini sedang mendekap erat anaknya.

Ayah Kehilangan Seluruh Anggota Keluarga

Dok. TikTok relawan erupsi Gunung Semeru @agushendro1

| Baca juga: Kisah-Kisah Unik di Erupsi Semeru. Dari Bebek Terjebak Lumpur Hingga Bocah Viral

Dilansir dari akun TikTok seorang relawan, seorang pria paruh baya berbaju hijau terlihat duduk bersimpuh di atas rumahnya yang tertimbun abu vulkanik. Ia meminta relawan untuk menggali, karena disinyalir seluruh keluarganya terkubur hidup-hidup di dalam rumah. Dari video terlihat tidak ada satu pun atap rumah yang bersisa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here