Kisah-Kisah Unik di Erupsi Semeru. Dari Bebek Terjebak Lumpur Hingga Bocah Viral

foto
Foto: Dok Istimewa

Erupsi gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/11) tidak hanya menyisakan duka, tapi juga kisah-kisah unik yang mengharukan. Berikut ini yang sudah dirangkum Nyata agar diambil hikmahnya. Check it out!

Ikan Mas Selamat dari Abu Vulkanik

Seekor Ikan Mas berukuruan Jumbo berhasil selamat saat erupsi semeru terjadi. Peristiwa ini diabadikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dalam unggahan di Instagram pribadi miliknya @khofifah.ip pada Jumat (10/12) lalu. Dalam fotonya terlihat ikan mas itu digendong oleh salah satu warga, meski ikan mas itu terlihat sedikit kotor tapi hebatnya dia selamat. Khofifah menyelipkan pesan bahwa ini adalah kuasa tuhan yang maha esa.

“Padahal, rumah-rumah di Kampung Renteng, Lumajang tempat ikan mas ini diketemukan, semuanya hampir tertutup abu vulkanik. MasyaAllah. Kun Fayakun, jika Allah SWT berkehendak, maka tidak ada yang mustahil terjadi. Kepada seluruh pengungsi, Fa inna ma’al ‘usri yusra Inna ma’al ‘usri yusra. Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Lumajang Bangkit !!! 🔥🔥🔥,” tulisnya.

foto
Foto: Dok. Instagram @khofifah.ip

Kucing Terjebak Reruntuhan Kayu

Tidak hanya ikan mas, beberapa ekor kucing juga ditemukan dalam kondisi selamat. Meski tubuh mereka kotor karena terkena abu vulkanik tapi mereka tetap bisa bertahan hidup di kondisi yang berbahaya itu. Ada dua videpo viral yang berisi penyelamatan kucing di semeru. Dalam video pertama terlihat seorang relawan menyelamatkan kucing yang terjebak di bawah reruntuhan kayu, kucing itu bersembunyi sampai pada akhirnya dia berhasil untuk dievakuasi.

Video: Dok. TikTok

Anak Kucing Minta Pertolongan

Video kedua terlihat seekor anak kucing yang langsung menghampiri relawan untuk dibawa ke tempat yang aman, kucing putih itu terlihat kotor terkena abu vulkanik. Si kucing tau kalau ada orang baik didekatnya, ajaib sekali ya kuasa tuhan.

Video Dok. Instagram @infounik_id

|Baca Juga: Rachel Venya Akhirnya Divonis 4 Bulan, Tapi Tidak Dipenjara. Lho Kok?

Satu-satunya Rumah yang Selamat

Banyak rumah yang tertimbun oleh tebalnya abu vulkanik semeru, hebatnya ada satu rumah yang berhasil selamat dari bencana yang mengerikan ini. Rumah yang diketahui milik Pak Roh ini berada di Dusun Kampung Renteng, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Dalam video viral itu terlihat kondisi rumah Pak Roh dibagian terasnya terkena abu vulkanik, sedangkan bagian dalam rumahnya bersih tidak ada abu atau lahar dingin yang masuk. Padahal disekitar rumah Pak Roh hampir semuanya tertimbun abu dan material letusan semeru.

Pak Roh mengaku bahwa dia sering mengamalkan shalat lima waktu, bersedekah dan berhubungan baik dengan tetangganya. Patut dicontoh nih
“Bersedekah. Kalau bersedekah jangan diingat-ingat. Berhubungan baik sama tetangga, saudara. Bersedekah lah yang banyak. Apa yang dibutuhkan sama tetangga, ya Saya beli. Saya dikasih uang enggak mau. Ambil aja kalau mau,” kata Pak Roh.

Foto: Dok. TikTok

Bebek Terjebak Lumpur

Seekor bebek juga jadi hewan yang selmat lho di erupsi semeru ini. Nampak terlihat seekor bebek kakinya terjebak oleh lumpur vulkanik yang telah mengering. Evakuasi ini cukup memakan waktu mengingat lumpur yang mengeras itu cukup sulit untuk digali. Tapi pada akhirnya tim relawan berhasil menyelamatkan bebek tersebut. Diketahui bebek itu milik Busrianto warga Dusun Curah Kobokan, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Busrianto mengaku bahwa dirinya memiliki 100 ekor bebek, uniknya saat dia berada di pengungsian dia dihubungi oleh tim evakuasi bahwa satu bebeknya telah selamat.

Video: Dok. TikTok

|Baca Juga: Bocah 7 Tahun Curi Hati Kate Middleton dan Pangeran William. Siapakah Dia?

Bocah Viral

Dunia dihebohkan dengan viralnya video anak berkerudung hijau berlari menyelamatkan diri saat letusan gunung semeru. Diketahui anak itu bernama Nurfida 7 tahun. Saat itu Nurfida sedang mengaji bersama teman-temannya, tidak lama kemudian terdengar suara letusan hebat yang mengharuskan dirinya berlari menyelamatkan diri bersama teman-temannya. Firda ikut mengungsi dengan warga lain untuk bersembunyi di dalam masjid. Sampai pada akhirnya dia dan para warga selamat meski menunggu selama dua jam sampai letusan semeru mereda.

Video: Dok. TikTok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here