Nggak Nyangka! Gaun Maria Sharapova di The Fashion Awards 2021 Ini Ternyata dari Botol Bekas

petenis-maria-sharapova-botol-plastik-gaun-the-fashion-awards-2021
Foto: Mike Marsland

Ajang British Fashion Awards alias The Fashion Awards 2021 digelar begitu meriah di Royal Albert Hall, London, Senin (29/11) malam. Penampilan para tamu undangan termasuk publik figur jadi sorotan. Tak terkecuali petenis Maria Sharapova yang tampil anggun dengan gaun dari botol bekas. 

Selama ini, Maria dikenal begitu menyukai busana-busana dari rumah mode ternama seperti Givenchy, Dior dan David Koma. Tapi kali ini, Maria ingin debutnya di red carpet The Fashion Awards jadi momen tak terlupakan. 

maria-sharapova-iris-van-herpen
Maria Sharapova dan Iris van Herpen. Foto: Tim P Whitby/Vogue

Perempuan 34 tahun itu mengenakan gaun berwarna putih dengan aksen warna biru. Dress mini yang diberi nama Memesis karya kolaborasi desainer Iris van Herpen dan Evian itu dirancang dengan kain yang terbuat dari daur ulang botol plastik Evian dan sutra organik. Kolaborasi itu menghasilkan karya high fashion dengan tampilan tiga dimensi nan unik. 

“Satu hal yang paling menarik dari fashion adalah kita diperbolehkan untuk bereksperimen dan membuat sesuatu di luar zona nyaman kita. Mencoba membuat karya baru,” kata Maria Sharapova seperti dilansir dari Vogue

maria-sharapova-gaun-botol-plastik-the-fashion-awards 2021
Penampilan Maria Sharapova dengan gaun botol plastik di The Fashion Awards 2021. Foto: Mike Marsland

Baca juga: Warna-warni 7 Gaun Terbaik The Fashion Awards 2021. Mana Favoritmu?

Tak main-main, butuh waktu yang begitu lama untuk merancang dan membuat gaun dengan 72% material dari botol plastik dan 28% sutra organik tersebut. Iris van Herpen melakukan diskusi intens sejak Januari 2021 lalu.

Keduanya hanya bisa berdiskusi secara online, karena Maria tak bisa mengunjungi studio Iris di Belanda selama pandemi. Dibutuhkan sekitar 750 jam atau 31 hari non-stop untuk membuat gaun tersebut. 

proses-pembuatan-gaun-botol-bekas-maria-sharapova-evian
Proses pembuatan gaun ramah lingkungan Memesis. Foto: Evian

Perjuangan mereka berbuah manis. Ketika Maria untuk kali pertama melihat hasil karya Iris pada November lalu, ia pun langsung jatuh cinta. 

“Bisa melihat secara langsung detail dari gaun itu terasa sangat menyenangkan. Iris dan aku menghabiskan berjam-jam bersama untuk menyaksikan prosesnya,” kata Maria.

gaun-daur-ulang-botol-plastik-evian-maria-sharapova-iris-van-herpen
Foto: Evian

Tak hanya tampak menawan, gaun tersebut juga begitu nyaman saat dikenakan. Bahkan gaun yang dari luar tampak begitu berat itu ternyata seringan bulu. 

“Dilihat sekilas memang gaun ini tampak berat. Tetapi ketika aku mengenakannya, ini terasa sangat ringan. Ini sangat nyaman,” lanjut petenis kelahiran Nyangan, Russia, 19 April 1987 tersebut. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here