Positif Covid-19, Ini Pesan Maia Estianty soal Tes Swab

maia-covid
Foto: Dok. Instagram Maia Estianty

Kabar mengejutkan datang dari musisi Maia Estianty. Pekan lalu, istri Irwan Mussry itu ternyata positif Covid. Tak heran, ia sempat absen menjadi juri ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Terdeteksinya Covid-19 ditubuh Maia, bermula ketika ia melakukan swab PCR untuk keperluan syuting Indonesian Idol, Minggu (20/12). Disitulah ia ketahuan positif Covid. Padahal tiga hari sebelumnya, Maia melakukan swab PCR dengan hasil negatif.

Setelah itu ia sempat tes swab antigen dengan hasil negatif lagi. Ia lalu pergi makan bersama teman-temannya yang juga sudah melakukan swab antigen.

“Saat Minggu aku terdeteksi positif Covid-19. Aku kaget, ‘Darimana? Karena Kamis masih negatif (melalui swab antigen), kenapa jadi positif? Dari siapa ya?” ungkapnya dalam kanal YouTube Maia AlElDul TV, Rabu (30/12).

| Baca juga: Direnovasi, Rumah Maia Estianty Bakal Bernuansa Bali dan seperti Mal

Dari situlah, ibu tiga anak itu membuat analisis jika ia tertular Covid-19 dari temannya ketika mereka makan bersama. Apalagi, saat itu mereka tak menjaga jarak.

“Mungkin Kamis ketika aku tes antigen, ada temanku yang sudah terpapar Covid-19, tetapi memang dari swab antigen belum terdeteksi,” katanya.

“Jadi mungkin swab antigen itu kalau kita bertemu orang yang terpapar, baru terdeteksi itu setelah lima hari ketemu orang yang terpapar Covid tersebut,” lanjut wanita 44 tahun itu.

Maia pun melakukan isolasi mandiri selama tiga hari di rumahnya di kawasan Pejaten. Sebab, ia tak merasakan gejala sakit apapun. Bahkan, Maia sembuh Covid dalam waktu sehari. Dua hari berturut-turut setelah itu, Maia tes swab PCR lagi dan hasilnya tetap negatif.

Melihat kejadian ini, Maia pun berpesan jika tes Covid yang paling akurat adalah melalui swab PCR atau Polymerase Chain Reaction. “Menurut aku, yang paling akurat untuk tes Covid adalah swab PCR. Makanya kalau aku lagi liburan ke Bali sama anak-anak, aku enggak pernah antigen tuh. Aku sama keluarga selalu swab PCR,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here