Fakta Menarik Lagu Natal Legendaris yang Rajai Tangga Lagu

lagu-natal-all-i-want-in-chistmas-is-you mariah carey
Foto: YouTube Mariah Carey

Sejak dirilis 26 tahun silam, All I Want for Christmas Is You milik Mariah Carey selalu jadi lagu wajib tiap perayaan Natal. Meski lagu lawas, antusiasme pendengar justru makin meningkat dari tahun ke tahun.

Buktinya, tahun ini lagu yang masuk dalam album Merry Christmas itu berhasil menorehkan sejarah baru. Lagu itu menduduki posisi pertama di tangga lagu Inggris untuk kali pertama dan kembali menjadi nomor satu di Billboard Hot 100 AS.

Tak sedikit yang bertanya mengapa lagu All I Want for Christmas Is You selalu populer dan mengalahkan lagu bernuansa Natal lainnya. Apakah ada cerita menarik di baliknya? Inilah faktanya!

1. Semua Orang Bisa Mendengarnya

Meski bernuansa Natal, namun All I Want for Christmas Is You sebenarnya adalah lagu bermakna cinta. Tak berfokus pada sisi spiritual, lagu ini bercerita tentang perayaan Natal yang indah sambil mengharapkan kedatangan orang yang dipuja.

“Sebenarnya ini lagu cinta, semua orang bisa merasakan liriknya, orang yang ia sukai (dalam lagu) tidak disebut, tidak berpacu pada satu jenis kelamin, sehingga siapa pun bisa berada dalam posisi tersebut,” kata profesor musik dari Northeastern University Andrew Mall.

2. Cerita di Balik Pembuatannya

Antusiasme pendengar, tak luput dari kisah sang penulis saat merangkai lirik. Mariah ternyata mendapat inspirasi berdasarkan cerita pahitnya di masa kecil. Ia yang terlahir dari pasangan beda ras dan hidup di Long Island, New York, harus menelan ejekan dari teman-temannya. Mariah merasa ingin bahagia dengan orang terkasih, terlebih ketika Natal tiba.

Baca juga: Ada Gangguan Bipolar Dibalik Karir Cemerlang 4 Seleb Dunia Ini

Lebih lanjut, lirik itu ditulis Mariah saat sedang iseng memukul-mukul keyboard Casio-nya yang sudah cukup tua. Kegiatan iseng itu membentuk melodi yang kemudian direkam oleh Mariah dengan alat perekam mini.

“Kejadiannya cepat sekali dan mengalir begitu saja, seperti lagu-lagu terbaik pada umumnya,” ujar Mariah dalam film dokumenter Mariah Carey is Christmas: The Story of ‘All I Want for Christmas is You’.

Mariah lantas menyempurnakan lagu itu dengan mengajak penulis lagu dan produser musik Walter Afanasieff. Afanasieff mengatakan kepada Billboard, musik dasar lagu itu diciptakan hanya dalam waktu satu jam. Untuk menyempurnakan liriknya, diperlukan waktu satu minggu.

3. Film Love Actually Ikut Berperan

Selalu ada warna baru yang membuat All I Want for Christmas Is You menarik perhatian penggemar. Pada 2003, lagu ini meledak usai dinyanyikan karakter Joanna (diperankan Olivia Olson) dalam film Love Actually yang begitu populer.

Untuk film besutan Richard Curtis ini, Mariah bahkan memberikan hak cipta lagunya. Alasannya, karena ia menyukai jalan cerita serta para pemain dalam Love Actually.

4. Muncul dalam Beberapa Versi

Kepopuleran All I Want for Christmas Is You juga dipengaruhi oleh video musiknya yang muncul dalam beberapa versi. Video pertama kali yang diunggah di YouTube, sudah ditonton lebih dari 680 juta kali.

Sedangkan pada 2011, Mariah juga penah berduet dengan Justin Bieber menyanyikan lagu tersebut. Beberapa penyanyi pun sempat meng-cover lagu itu, seperti Miley Cyrus, John Mayer, Shania Twain, Ariana Grande, Fifth Harmony, Demi Lovato, Cee Lo Green, Lady Antebellum, dan Mumford & Sons.

Di 2019, Mariah membuat video baru untuk lagu All I Want for Christmas Is You dan kini telah ditonton di YouTube lebih dari 125 juta kali. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here