Putri Kak Seto Bagi Tips Ampuh Agar Anak Tidak Rewel

0
86
anak-kak-seto
Foto: Agnes/Nyata

Sentuhan seorang ibu memiliki arti penting bagi anak. Apalagi jika saat menyentuh itu dibarengi dengan pijatan lembut menggunakan essential oil. Tidak hanya memberikan efek relaksasi atau menenangkan, tapi juga membuat sistem imun anak jadi kuat.

Setidaknya itu diyakini betul oleh Eka Putri Deta atau yang dikenal dengan Minuk Seto. Putri pertama tokoh pemerhati anak, Seto Mulyadi atau Kak Seto ini menerapkan hal tersebut pada dua buah hatinya Kitama (5) dan Tanawa (2).

“Saya biasa memijat anak-anak dengan essential oil. Anak pertama sejak berusia satu tahun. Karena waktu itu ada essential oil impor baru masuk ke Indonesia. Sedangkan anak kedua, malah sejak di kandungan,” kata Minuk ketika ditemui di Gunawarman Jakarta Selatan, Rabu (18/12).

Baca juga: 2 Cara Ampuh Atasi Gangguan Serangan Panik Ala Marshanda

Sering mengoleskan essential oil dengan pijatan lembut pada anak menurutnya juga menguatkan ikatan antara ibu dan anak.

“Saya melakukan pijatan lembut pada anak-anak biasanya di punggung belakang dan telapak kaki. Ketika anak-anak mulai sering bersin seperti mau flu saya buru-buru mengolesi di sekitar hidung. Alhamdulillah karena mereka sudah terbiasa sejak kecil, daya tahan tubuh jadi lebih kuat. Mereka jadi jarang sakit,” terangnya.

Sulung dari empat bersaudara anak pasangan Seto Mulyadi dan Deviana Mulyadi ini bahkan selalu membawa essential oil kemanapun ia pergi. Pernah suatu saat, ia sedang pergi sekeluarga bersama anak-anak.

Jalanan macet dan anak-anak mulai gelisah. Si kecil juga rewel. Minuk tak kehabisan akal. Ia mengusapkan essential oil di punggung dan sekitar hidung anak-anak.

“Enggak lama mereka tenang. Malah tidur di mobil. Makanya saya selalu membawa essential oil di tas kemanapun pergi,” ujarnya.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Fatal yang Bikin Diet Tak Berhasil

Sementara itu, aromaterapi bekerja dengan cara merangsang saraf hidung dan otak. Ketika kita menghirup uap minyak esensial, aromanya akan memasuki rongga hidung lalu merangsang sistem saraf di otak yang berperan dalam pengaturan emosi.

Aroma dari minyak esensial akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

Tidak hanya itu, aromaterapi juga mampu merangsang sistem saraf yang mengatur detak jantung, tekanan darah, respon terhadap stres dan pernapasan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here