RSPAL Dr Ramelan Pelopori Gerakan Go Green Hospital

0
25
rspal dr ramelan 1
Foto: Istimewa

Luasnya lahan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) Dr Ramelan, Surabaya, menginisiasi rumah sakit milik TNI AL tersebut untuk mencanangkan gerakan Go Green Hospital. RSPAL pun mengajak 42 rumah sakit jejaringnya di Jawa Timur (Jatim).

”RSPAL Dr Ramelan itu memiliki luas lahan 22 hektar. Alangkah sayangnya dibiarkan begitu
saja, di tengah isu pemanasan global yang semakin marak dan bumi yang semakin panas,” kata Kepala RSPAL Dr Ramelan, Laksamana Pertama TNI dr Ahmad Samsul Hadi,
usai pencanangan gerakan Go Green Hospital bersama Gubernur Jatim, Khofifah Indar
Parawansa di halaman RSPAL Dr Ramelan, Jumat (29/11) lalu.

“Akhirnya kami ingin memberikan sesuatu kontribusi untuk memberikan RTH (Ruang Terbuka Hijau, red),” lanjutnya.

| Baca juga: Dua ABG Gelar Konser Amal untuk Anak Kurang Mampu

Ada sekitar 54 ribu bibit pohon yang di-suplay oleh Dinas Kehutanan Jatim ke RSPAL Dr Ramelan, yang kemudian akan diditribusikan ke 42 rumah sakit jejaringnya.

Adapun jenis-jenis bibit pohon tersebut yaitu tabebuya, juwet, mahoni, glodokan, durian, matoa, sawo, klengkeng, sukun, asem, dan kelor.

”Kalau di sini (RSPAL Dr Ramelan, red) nanti akan menanam 2.154 bibit pohon. Sedangkan masing-masing rumah sakit jejaring akan menerima 1.000 bibit pohon. Kemudian sisanya akan dikirim ke kesatuan-kesatuan yang ada di TNI AL,” papar Samsul.

rspal-dr-ramelan-2
Foto: Istimewa

Sementara itu, sebagai pelopor gerakan Go Green Hospital, RSPAL Dr Ramelan akan mengembangkan RTH di depan, belakang, kanan, dan kirim rumah sakit. Sedangkan pembangunan rumah sakit akan dipusatkan di tengah.

”Nanti RTH di tempat kami sekitar 50 persen,” ujar Samsul.

| Baca juga: Malam Pagelaran Puisi Bertabur Penampilan Tokoh Nasional

Selain sebagai paru-paru kota di tengah kota Surabaya dan sekitarnya, Samsul berharap dengan adanya pencanangan gerakan Go Green Hospital ini juga dapat memberikan dampak positif bagi para pasien.

”Harapan kami dengan hijaunya rumah sakit juga memberikan kontribusi penyembuhan bagi pasein dari aspek-aspek non medis,” beber Samsul berharap.

Sementara itu, bagi rumah sakit jejaring yang tidak mempunyai RTH yang luas, Khofifah menyarankan untuk memanfaatkan media-media tanam yang ada.

”Bikinlah format media tanam, apakah dari drum, pot, ataukah dari apa yang memungkinkan itu bisa menjadi bagian penguatan kesan rumah sakit ini menjadi rumah sehat,” ujar Khofifah.

Tak hanya itu, dalam sambutanya, gubernur perempuan pertama di Jatim itu juga menyarankan inovasi dalam dunia pertanian, dalam satu tanaman ada dua jenis buah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here