Hindari 5 Kesalahan Fatal yang Bikin Diet Tak Berhasil

0
671
kesalahan-diet-sabrina-chairunnisa
Foto: Dok. YouTube Sabrina Chairunnisa

Seringkali kita sudah susah payah melakukan diet, tapi hasilnya belum terlihat. Mungkin saja, ada kesalahan yang dilakukan saat menjalaninya. Sabrina Chairunnisa yang punya hobi olahraga, punya resep khusus agar dietmu tak sia-sia.

Kekasih Deddy Corbuzier itu sudah membuktikan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang. Lihat yuk apa saja kesalahan itu!

1. Hanya fokus pada karbohidrat

Anggapan untuk mengkonsumsi sedikit karbohidrat, atau bahkan tidak sama sekali adalah kurang tepat. Lakukan perhitungan kalori harian, yakni menghitung kalori yang masuk dan kalori yang terbakar. Tak masalah jika dalam total asupan kalori, terdapat karbohidrat yang dimakan.

| Baca juga: Deretan Seleb yang Hobi Olahraga Pilates Saat Hamil

2. Terlalu fokus pada restriction (larangan)

Banyak yang menganggap jika makin sedikit makan, akan semakin cepat kurus (calorie restriction). Padahal bukan hanya karena faktor itu saja. Restrain atau pengendalian adalah faktor utama untuk diet. Artinya apapun yang dimakan, sangat berpengaruh bagi tubuh.

“Misalnya kalau restriction, kalian makan mie instan. Berapa kalori sih, udah cuma itu saja. Ya padahal itu nggak bikin body goals kalian akan dapat. Karena kalian makan makanan sampah istilahnya,” terang Sabrina.

3. Terlalu berambisi untuk mendapatkan body goals

Jangan langsung berambisi untuk mendapatkan body impian di awal-awal melakukan diet. Lihatlah pada progres selama rutin menjalaninya. Dengan begitu, kita akan lebih bersemangat mendapatkan bentuk badan yang diinginkan. Sabar, persisten dan menghargai proses, adalah kunci berhasilnya diet.

“Coba kalian lihat foto satu bulan sebelum jaga pola makan dan olahraga, dengan sesudah. Mungkin berat badan kalian nggak turun banyak. Tapi kalau kalian ngaca, kelihatan perut, sudah lebih rata atau lengan kalian mengecil,” paparnya.

| Baca juga: Ingin Tubuh Ideal? Coba Rutin Lakukan 5 Olahraga Ini, Girls!

Karena rajin menjaga pola makan dan olahraga, Sabrina mengaku memiliki kulit yang bersih dan sehat. Ia tak perlu repot memakai banyak skincare dan melakukan perawatan ke dokter.

4. Hanya melakukan kardio

Seringkali kita hanya fokus melakukan olahraga kardio seperti lari, zumba, treadmill ataupun lainnya. Namun kardio saja tidak bisa membantu secara maksimal. Lakukanlah weight lift (angkat beban).

Dengan kardio, bukan hanya lemak yang dibakar, masa otot pun akan ikut terbakar. Akibatnya otot tak bisa terbentuk. Weight lift tak hanya membakar lemak lebih maksimal, namun mampu membentuk otot lengan. Waktu untuk melakukannya pun bisa lebih panjang daripada kardio.

| Baca juga: 5 Makanan Sehat yang Bantu Tingkatkan Kecerdasanmu

Jika tidak bisa melakukan weight lift di gym, maka gunakan dumbbell, yang bisa dibeli dengan harga murah. Semakin besar bebannya, maka akan semakin berpengaruh.

5. Terlalu fokus mencari motivasi pada orang lain

Tak perlu meminta motivasi dari orang lain. Jadikanlah pola hidup sehat ini, menjadi life style

“Motivasi itu nggak dicari. Jadi kalian dalam merubah pola hidup, kalian jadiin ini life style, bukan nunggu motivasi lalu jalanin diet. Jadi motivasinya kalian bikin sendiri,” tutup Sabrina. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here