Respon Sinis Publik Usai KPI Cekal Iklan Shopee Blackpink

0
253
iklan-shopee-blackpink-dila
Foto: Dok. Instagram Shopee

Sudah lebih dari 101 ribu orang menandatangani petisi yang dimulai oleh Maimon Herawati. Akhirnya, hari ini (11/12) iklan Shopee Blackpink dan acara Shopee Road to 12.12 Birthday Sale dilarang tayang oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

Dilansir dari situs KPI, mereka menilai siaran iklan dan program acara tersebut tidak sesuai dengan norma kesopanan, yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Surat peringatan langsung dikirimkan kepada 11 stasiun televisi nasional yang turut menayangkan iklan itu, yakni Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net dan SCTV. 

Baca juga: Rose dan Jisoo Blackpink Kena Kritik Karena Mantan Pacar G-Dragon

Pakaian minim yang dikenakan oleh keempat anggota Blackpink itulah, yang menjadi masalah utama. Muatan iklan tersebut berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012, tentang kewajiban program siaran. Dalam peraturan tersebut disebutkan, bahwa sebuah konten harus memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan, yang dianut oleh masyarakat Indonesia. 

Komisioner sekaligus Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Hardly Stefano menyayangkan tampilan iklan tersebut. Ia meminta kepada pihak perusahaan, agar lebih evaluatif ketika membuat produk. 

“Kami meminta kepada produsen, agar dalam membuat iklan dan melakukan promosi untuk senantiasa memperhatikan brand safety, sehingga tidak menimbulkan persepsi negatif terhadap produk atau jasa yang ditawarkan,” ungkap Hardly. 

Baca juga: Wow! Jennie Blackpink Taklukkan 40 Negara dalam 24 Jam

Ia pun lebih lanjut menyatakan bahwa KPI tak segan-segan memberikan sanksi kepada stasiun tv, yang tak menggubris peringatan ini. 

Peringatan ini pun langsung menuai berbagai komentar dari publik. Banyak sekali yang mengungkapkan responnya melalui akun Twitter. 

Saya sebagai Kpopers Gk Terima Saya mau Sinetron dan Aca settingan juga harus Dihentikan @KPI_Pusat Btw Pak KPI Gak usah Repot2 Besok juga Iklan Blackpink shopee udah nggk ada!” ujar akun @Aditya_Wilikeit. “@KPI_Pusat wahai KPI yang terhormat, iklan Black Pink aja diboikot, sinetron-sinetron gak mendidik kapan tu? Gak sabar menunggu berita pemboikotannya. Ditunggu ya biar saya nyaman nonton dan gak bingung mau nnton apa kalau nonton tv,” sindir akun @Au_C99 menambahkan. 

Baca juga: Adu Kemesraan Al-Alyssa dan Verrell-Wilona saat Double Date di Paris

Ada juga yang protes, jika norma kesopanan adalah sebab diboikotnya iklan Blackpink, maka harusnya ada beberapa iklan lain yang juga harus dicopot dari TV. Salah satunya adalah, iklan yang dibintangi oleh atlet badminton, Jonathan Christie. 

Ibu2 liat iklan shopee blackpink”wah merusak nih, boikot!”liat iklan jojo minum bejooooo”pah, besok fitnes ya biar kaya jojo gemes,” tulis akun @jek__. “Aku compare iklan BLACKPINK sama Jojo buka baju di insta.Eh malah dibilang aku iri sama Jojo,” kata akun @hendralm menambahkan. 

Baca juga: Laudya Cynthia Bella Sebut Mantan Terindahnya Antara Raffi dan Chicco

Tak hanya itu, tidak sedikit yang malah membuat meme dari kejadian ini. Mereka mengedit foto Blackpink dan menutupi bagian anggota tubuh keempat anggota yang terbuka. (*)