Transgender Pertama Raih Mahkota Miss Maryland USA

Bailey Anne Kennedy dinobatkan sebagai Miss Maryland USA pertama yang transgender (Foto: EDWIN SHAW)
Bailey Anne Kennedy dinobatkan sebagai Miss Maryland USA pertama yang transgender (Foto: EDWIN SHAW)

Dunia pageant Amerika Serikat dihebohkan dengan dinobatkannya Bailey Anne Kennedy sebagai Miss Maryland USA. Ia memecahkan rekor sebagai wanita transgender pertama yang berhasil meraih mahkota kemenangan ratu kecantikan.

Tidak hanya itu, Kennedy juga menjadi orang Asia Amerika dan istri anggota militer pertama yang mendapatkan gelar tersebut.

Kennedy, yang kini berusia 31 tahun, dinobatkan pada 1 Juni lalu di Bethesda, Maryland. Melalui akun Instagram pribadinya, ia menceritakan bagaimana identitasnya turut membentuk kariernya. Kennedy juga berbagi pesan inspiratif tentang bagaimana ia menghadapi para peng kritik.

| Baca Juga: Bocor! Rekaman Pemilik Lisensi Miss Universe, Atur Pemenang dan Yang Kalah

“Tidak semua orang harus setuju dengan ruang yang kamu tempati, dan itu tidak berarti kamu tidak pantas mendapatkan kesempatan ini,” tulis Kennedy dalam unggahannya, disertai foto dirinya yang berlinang air mata saat memenangkan kompetisi.

“Pekerjaan yang akan saya lakukan selama sisa hidup saya adalah memastikan bahwa anak-anak yang merasa seperti saya tidak perlu khawatir tentang konsekuensi menjadi diri mereka sendiri. Saya ingin bisa menjadi diri saya sendiri dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” lanjutnya.

“Selama ini, saya tidak pernah perlu memberi tahu siapa pun [tentang identitas saya],” kata Kennedy.

| Baca Juga: Mantan Istri Elon Musk Dukung Anaknya Jadi Transgender

Kennedy, yang suaminya adalah seorang marinir Amerika Serikat, dikenal sebagai advokat untuk para pasangan anggota militer. Ia menyebut USO (United Service Organizations) sebagai salah satu platform advokasinya.

“Saya tidak sabar untuk memulai masa jabatan saya dan kembali ke kantor USO, mulai menyajikan makan siang & secara pribadi berterima kasih kepada anggota militer aktif kita seperti yang saya rencanakan kemarin karena itulah yang sebenarnya penting bagi saya,” tulis Kennedy mengakhiri caption unggahannya.

Setelah kemenangannya, Kennedy bercerita kepada DC News Now bahwa mendapatkan gelar Miss Maryland USA terasa seperti “angin puyuh.”

“Saya tahu ini lebih besar dari saya. Saya tahu ini akan sangat berarti bagi semua anak LGBTQ di luar sana yang mungkin merasa tidak cocok dengan ‘kotak’ tertentu – seperti saya saat tumbuh dewasa,” ungkapnya. Kennedy menambahkan bahwa ia merasakan dukungan penuh dari sesama kontestan yang ia anggap sebagai “persaudaraan.”

| Baca Juga : J.K. Rowling Dilaporkan ke Polisi Karena Cuitannya Tentang Transgender

Kennedy juga berbicara jujur tentang usianya – dia sering mengadvokasi apa yang dia sebut dengan “Kecantikan Abadi” sebagai salah satu platformnya.

“Saya merasa percaya diri dengan diri saya sendiri di usia 31 tahun, yang melampaui batas usia lama yaitu 28 tahun – seperti yang kamu tahu, Organisasi Miss Universe [telah] mencabut batasan tersebut – sehingga setiap wanita dari segala usia dapat berkompetisi,” jelasnya kepada media.

Kennedy berharap kemenangannya dapat membuka pintu dan hati orang-orang. Ia ingin masyarakat melihat keragaman komunitas LGBT dan dirinya ingin memberikan kontribusi positif melalui program USO yang tengah ia jalankan.

Perjuangan Kennedy belum usai. Ia selanjutnya bersiap untuk bersaing memperebutkan gelar Miss USA di Los Angeles pada 4 Agustus mendatang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here