Sederet Alasan Daun Kemangi Baik Untuk Kesehatan

Ilustrasi manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh. (Foto: Dok. Kesehatan Jambi)
Ilustrasi manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh. (Foto: Dok. Kesehatan Jambi)

Kemangi atau tulsi adalah tumbuhan kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalapan penyetan. Daun ini memiliki berbagai manfaat kesehatan Mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga jantung.

Ditambah lagi, daun kemangi ini sering direkomendasikan oleh para ibu untuk meredakan sakit pencernaan hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Dukutip dari laman Healthshots, menurut Dr Chanchal Sharma ada beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki daun kemangi, di antaranya:

  1. Meningkatkan Pencernaan

Mengawali aktivitas kalian dengan air tulsi mungkin baik untuk perut kalian. Ini membantu mengaktifkan enzim dan mengeluarkan racun dari tubuh kalian, seperti meringankan gejala seperti gas, kembung, dan pencernaan.

| Baca Juga: Kaya Vitamin, Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kalian bisa mengonsumsi tulsi saat perut kosong setiap hari untuk meningkatkan kekebalan, kata Dr Chanchal Sharma. Caranya, dikemas dengan minyak esensial dan antioksidan yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

3. Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi adalah pemurnian darah dan membuang semua kotoran darah di hati. Tulsi dapat membantu detoksifikasi tubuh dan membantu membersihkan tubuh dari kotoran, sehingga meningkatkan kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ayurveda and integrative Medicine menemukan bahwa tulsi mengandung senyawa fenolik dan sifat antioksidan yang membantu detoksifikasi tubuh.

| Baca Juga: Berat Badan Naik Setelah Lebaran? Atasi dengan Diet Simple Ini

4. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Kemangi mengandung sifat anti-inflamasi dan antimikroba, yang dapat membantu meringankan masalah pernafasan seperti asma, batuk dan pilek.

Penelitian juga menemukan hubungan antara mengonsumsi kemangi dan meningkatkan kesehatan pernapasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Ayurvedic, kemangi mengencerkan dahak dan efektif dalam mengobati bronkitis alergi, asma, dan penyakit paru-paru eosinofilik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here