Tips Merawat Perhiasan Perak Agar Tak Mudah Menghitam

Foto: Dok. gdtography/Pexels

Wanita mana yang tak suka memakai perhiasan. Permata berkilau yang memiliki nilai jual tinggi ini selalu jadi incaran. Namun, terkadang tak semua wanita paham betul bagaimana merawat perhiasan agar tetap awet. Misalnya bagi kamu yang sering mengoleksi perhiasan perak atau silver. Terkadang sering dilanda galau karena warna perhiasannya sering memudar seiring berjalannya waktu. Bahkan bila tak dirawat dengan baik, perhiasan silver bisa menghitam.

Co-founder Tulola Jewelry, Franka Franklin Makarim membagikan tips untuk merawat perhiasan dengan material perak atau silver. Untuk tips pertama, Franka menyarankan agar perhiasan perak dijauhkan dari bahan yang mengandung kimia.

“Kalau memakai perhiasan sebisa mungkin jangan dekat dengan krim, parfum atau minyak karena hal tersebut bisa mempercepat oksidasi,” tutur istri dari Mendikbudristek, Nadiem Makarim tersebut.

|Baca Juga: Koleksi tentang Tranformasi Jakarta Tutup JMFW 2023

Foto: Dok. MartaBranco/Pexels

|Baca Juga: Gaun Terbaik Selebriti di The Academy Museum Gala 2022

Jika sudah terlanjur bersentuhan dengan bahan tersebut, segera cuci dengan sabun dan segera dikeringkan. Apabila ada noda yang menempel pada perhiasan, maka bisa langsung di seka menggunakan polishing cloth khusus untuk perhiasan silver.

“Sebenarnya digosok-gosok aja pakai polishing cloth itu noda hitamnya bisa langsung hilang, tidak dianjurkan juga memakai cairan pembersih yang dijual bebas,” ucapnya.

Dari segi penyimpanan, jangan simpan perhiasan perak di tempat yang lembab. Lebih baik disimpan di plastik tarnish atau pouch khusus yang bahannya tebal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here