Penyebab Bibir Kering dan Cara Mudah Mengatasinya

Foto: Dok. Freepik

Memiliki bibir sehat adalah dambaan semua wanita. Namun, terkadang saat cuaca panas atau dingin bibir kerap mengalami masalah kering dan pecah-pecah.

Biasanya, bibir kering dan pecah-pecah merupakan indikasi adanya dehidrasi dalam tubuh kita. Tak hanya itu saja, faktor cuaca dan kelembapan juga mempengaruhi tekstur bibir.

Faktanya, masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab bibir pecah-pecah loh. Dilansir dari The Sun, bibir kering bisa menjadi sebuah tanda tentang masalah kesehatan yang kamu alami. Penasaran? Simak terus ya.

|Baca Juga: Waspada! Kenali Ciri-Ciri Psikopat yang Mungkin Ada di Sekitarmu

1. Reaksi terhadap obat

Ternyata bibir kering bisa disebabkan dari obat yang kamu konsumsi. Lisa Borg, spesialisasi kulit dan ahli gizi menjelaskan bila kandungan dalam obat ternyata bisa membuat bibir kamu kering.

“Bibir kamu bisa kering jika alergi terhadap obat-obatan tertentu. Jika perlu, bicarakan dengan doktermu bila dirasa sudah membuat tampilan bibir menjadi tidak nyaman. Mungkin akan ada alternatif obat lain yang bisa kamu konsumsi,” kata Lisa.

2. Infeksi Jamur

Salah satu infeksi jamur yang paling sering dialami adalah sariawan. Ternyata hal itu bisa menyebabkan bibir jadi pecah-pecah dan kering.

3. Penyakit autoimun

Penyebab serius dari bibir kering dan pecah-pecah adalah masalah autoimun.

“Beberapa penyakit autoimun utama termasuk sindrom Sjögren dapat menyebabkan bibir kering,” jelas Lisa.

“Dalam Sjögren, sistem kekebalan menyerang kelenjar penghasil cairan yang menyebabkan kekeringan,” tambahnya.

4. Keilitis aktinik

Selain autoimun, penyebab serius yang lain bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

“Keilitis aktinik terjadi ketika ada kerusakan pada sel-sel epitel bibir yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang terlalu lama di bawah sinar matahari, terutama UVB,” ungkap Lisa.

Ia melanjutkan, “Paparan sinar ini juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit”.

|Baca Juga: Simak 4 Tips Ini Agar Kamu Terhindar Dari Celebrity Worship Syndrom

Lantas bagaimana cara mencegah bibir kering?

Menurut Lisa, obat yang paling manjur untuk mengatasi bibir kering adalah dengan minum banyak air putih. Tubuh membutuhkan banyak asupan cair setiap harinya, lebih baik minum air putih daripada kopi atau minuman bersoda.

“Ada baiknya kamu menyimpan air mineral setiap waktu. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah apel, mentimun, tomat, zukini, semangka, lemon dan sayuran berserat lain untuk merangsang produksi air liur agar terhindar dari dehidrasi,” paparnya.

“Beberapa bumbu dan rempah-rempah seperti cabai, jahe dan adas juga membantu. Selain itu, hindari makanan asin untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here