Wow! Film Penyalin Cahaya Borong 12 Piala Citra FFI 2021

film-penyalin-cahaya-menak-piala-citra-ffi-2021.jpg
Foto: Istimewa

Festival Film Indonesia (FFI) 2021 berlangsung secara meriah di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, tepat di Hari Pahlawan yang jatuh pada Rabu (10/11) malam. Pada momen ini, film Penyalin Cahaya besutan Wregas Bhanuteja berhasil memborong 12 Piala Citra.

Film ini berhasil merebut penghargaan kategori Film Cerita Panjang, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria, Pemeran Pendukung Pria, Penata Musik, Penata Suara, Penata Busana, Pengarah Sinematografi, Pengarah Artistik, Penulis Skenario Asli, Penyunting Gambar, dan Pencipta Lagu.

Penyalin Cahaya merupakan film panjang pertama yang dibuat oleh Wregas yang juga meraih Piala Citra sebagai Film Terbaik di FFI 2021. Ia mengaku melewati perjalanan yang panjang dan tidak mudah membuat karya di tengah pandemi.

“Saya tidak akan berhasil melewati semua ini tanpa dukungan dari orang-orang yang mempercayai saya begitu dalam, produser dan para kru yang percaya pada semua konsep, gambaran, visi, dan para pemain yang berproses selama berbulan-bulan,” kata Wregas dalam siaran presnya, Kamis (11/11).

penyalin-cahaya-di-balik-layar
Wregas Bhanuteja. Foto: Istimewa

Baca juga: Selamat! Regina Idol Hamil. Respon Suami Bikin Meleleh

Selain menyebutkan nama para produser, kru yang terlibat, dan pemain Penyalin Cahaya, Wregas juga mengucapkan terima kasih kepada keluarganya yang telah menjadi pendukung utamanya selama ini. Tak lupa, ia juga mengapresiasi para nominasi Sutradara Terbaik lainnya, Aria Kusumadewa (Bidadari Mencari Sayap), Kamila Andini (Yuni), Lukcy Kuswandi (Ali & Ratu Ratu Queens), Riri Riza (Paranoia), dan Randolph Zaini (Preman).

“Kita berjuang bersama di tengah pandemi untuk perfilman Indonesia, semua usaha kerja keras saya sangat menghormati,” katanya.

chicco-kurniawan-penyalin-cahaya
Chicco Kurniawan. Foto: Istimewa

Baca juga: Tiara dan Jefri Nichol: Suka Tapi Takut

Chicco Kurniawan yang meraih piala Citra untuk kategori Pemeran Pria Terbaik juga mengungkapkan rasa bangganya. “Saya bersyukur bisa diapresiasi. Pemeran Utama Pria Terbaik ini bukan hanya buat saya, tapi kita semua orang di tim Penyalin Cahaya yang sudah kerja keras dan percaya bahwa film adalah tentang kolaborasi dengan para kru maupun pemain lainnya. Saya cuma mewakilkan mereka,” kata Chicco Kurniawan.

“Saya tidak akan bisa bermain maksimal jika tanpa mereka. Lewat nominasi ini, saya juga berharap film ini tidak hanya menjadi film dan hiburan saja, tapi media yang bisa bikin kita untuk mempelajari sesuatu hal. Kemenangan ini adalah selebrasi atas niat dan perjalanan kerja keras yang sudah kita curahkan,” lanjut pemeran Amin ini.

Penyalin Cahaya merupakan sajian drama yang mengangkat isu kekerasan seksual dan kesetaraan. Berkisah tentang Sur, mahasiswi yang kehilangan beasiswa setelah beredar swafotonya saat mabuk. Lantaran tak tahu apa yang terjadi sebelumnya, dibantu tukang fotokopi bernama Amin, Sur mencari tahu penyebabnya. Rencananya, Penyalin Cahaya siap tayang melalui layanan streaming pada 13 Januari 2022. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here