4 Tips Tampil Percaya Diri Ala Puteri Indonesia. Wajib Dicontek Nih!

puteri-indonesia-tips-tampil-percaya-diri-melissa-fortunita
Foto: Dok. Instagram Mellisa Fortunita

Penampilan yang sempurna bisa menjadi kunci kepercayaan diri bagi wanita. Sayangnya, seringkali banyak orang tidak percaya diri dengan fashion atau busana yang mereka gunakan. Padahal, jika memakai  busana yang tepat, justru meningkatkan pancaran dan tingkat kepercayaan diri seorang. Untuk itulah finalis Puteri Indonesia 2018, Mellisa Fortunita membagikan rahasianya yang selalu tampil percaya diri.

“Dulu saya pernah ada di zona nyaman dengan fashion yang gitu-gitu aja. Cuma setelah bener-bener tahu fashion itu apa, ternyata fashion itu luas. Karena itu, kita perlu memberanikan diri berani mencoba hal-hal baru asalkan itu membuat kita nyaman,” ungkap Mellisa Fortunita saat ditemui di Jakarta, Kamis (18/11)

Ia melanjutkan, bahwa dengan memberanikan diri, seseorang dapat belajar bagaimana cara berpenampilan yang menarik. Meski demikian, ia juga mengingatkan bahwa hal tersebut butuh proses dan tidak bisa secara instan.

1. Untuk Penampilan Semi Formal

Wanita berusia 29 tahun ini mencontohkan misalnya untuk tampilan semi formal, wanita bisa menggunakan busana dengan motif yang lebih sederhana atau tidak begitu ramai.

Warnanya lebih baik pilih warna natural atau warna-warna earth tone seperti putih, abu-abu, hitam atau khaki. Biasanya pakaian semi formal ini cocok digunakan ke kantor atau meeting dengan klien.

“Agar tampilan kita tidak membosankan yang penting adalah pakai aksesoris. Jika pilihannya sekaligus untuk investasi, bisa pilih emas dengan diamond. Apalagi trend aksesoris sekarang kan modelnya simple ya. Jadi pakainya juga engga harus bersamaa. Bisa cuma pakai anting aja, kalung atau cincin,” kata Mellisa yang mewakili DKI Jakarta dalam pemilihan Puteri Indonesia 2018 lalu.

2. Untuk Tampilan Formal

Untuk acara-acara yang sifatnya lebih formal misalnya saat menghadiri acara wedding atau dinner bisa dipilih fashion yang look-nya lebih glamor. Seperti dress panjang atau gaun dengan berbahan lace dan taburan kristal Swarovski. Saat hadir di acara seperti ini, tak ada salahnya wanita mengenakan aksesoris yang lebih menonjol.

“Kalau saya aksesoris yang selalu saya pakai earring dan ring. Karena menurut saya, anting-anting itu jadi center point seseorang. Begitu juga dengan cincin. Saya suka pakai yang modelnya simple tidak terlalu besar tapi bisa pakai di beberapa jari sekaligus,” kata Mellisa membagikan tipsnya.

3. Korean Look

Pengaruh budaya Korea, lanjut kelahiran Jakarta 20 Januari 2021 juga ikut mempengaruhi style fashionnya. Ia mengaku kini menyukai gaya fashion yang simple ala Korean Look. Penampilan aktris Shin Min Ah yang berperan sebagai Yoon Hye Jin di drama Hometown Cha Cha Cha turut menginspirasinya. Apalagi karakter aktris 37 tahun di drama tersebut tak jauh berbeda dari dirinya.

“Saya sangat suka style Korean Look. Baju dan aksesorisnya simpe tapi berkesan elegan dan feminim. Design aksesoris atau perhiasan simpe tapi sangat cantik saat dipakai,” beber wanita yang kini berprofesi sebagai konten kreator digital ini.

4. Rambut Pendek Itu Cantik

Lebih lanjut, ia mengatkan bahwa kriteria cantik saat ini tidak hanya bagi perempuan dengan rambut panjang. Mellisa menegaskan dalam berpenampilan, cantik tidak selalu dilihat dari rambut panjang.

“Kalau misalnya cewek itu kan selalu dominan cantik dari rambut panjang ya. Padahal tidak selalu seperti itu. Ada yang karena aktivitasnya banyak pilih rambut pendek, tetap cantik kok,” pesan Mellisa.

Oleh sebab itu, Mellisa mengatakan bahwa butuh kepercayaan diri dalam menggunakan sebuah busana atau tampilan. Dengan begitu, bisa mengurangi rasa rendah diri dan insecure.

“Untuk mengatasi dari komentar negatif itu ya dengan self-confidence. Jadi sangat disayangkan sekali kalau judgmental itu masih ada. Jadi sebagai perempuan, kita perlu embrace diri kita,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here