Jadi Tersangka dan Terancam Hukuman 6 Tahun, Sopir Vanessa Angel Ngaku Baru Bisa Nyetir

tubagus-joddy-sopir-vanessa-angel-dan-bibi-andriansyah-ditetapkan-jadi-tersangka
Foto: Dok. Instagram Tubagus Joddy/Vanessa Angel

Sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan maut di Jalan Tol Jombang KM 672+300 masuk Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kamis (4/11) lalu. Hal ini termuat dalam Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang dikirimkan pihak kepolisian ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang pada Ravu (10/11). 

“Hari ini kami menerima SPDP. SPDP nomor 837. Sudah benar hari ini kita terima. Sudah (ada tersangka, red), atas nama Tubagus Muhammad Joddy. Baru satu orang,” kata Kepala Kejari Jombang, Imran.

sopir-vanessa-angel-ngebut
Sopir Vanessa Angel, Tubagus Joddy ditetapkan sebagai tersangka. Foto: Dok. Instagram Tubagus Joddy

Baca juga: Eksklusif! Pengakuan Pria Jombang Penyelamat Putra Vanessa Angel

Meski begitu, Imran masih belum bisa menyimpulkan penyebab kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah itu. Pihaknya masih mempelajari berkas perkara tersebut sehingga bisa mengetahui apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian di balik insiden maut tersebut. 

“(Perkara, red) Undang-undang lalu lintas ya, pasal 310 ayat 2 dan ayat 4, untuk sementara ya. Selanjutnya setelah SPDP, berarti kita menunggu berkas, berkas perkara untuk kita pelajari sesuai dengan kewenangan kita. Langsung kita tunjuk jaksanya ini. Saya tunjuk tiga orang. Pokoknya kita percayakan kepada jaksa untuk melakukan penelitian berkas,” ungkap Imran.

Menanggapi hal tersebut, kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis mengatakan pihaknya berharap Joddy menerima hukuman maksimal. Milano menyebut Joddy bisa dikenai pasal berlapis dan terancam enam tahun penjara. 

“Kita penginnya si sopir ini bisa dituntut semaksimal mungkin, teman-teman bilang ancamannya enam tahun (penjara, red). Kita akan cari apa yang bisa dimasukkan lagi buat dakwaannya, kita penginnya berlapis,” tutur Milano di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan.

kuasa-hukum-vanessa-angel-milano-lubis
Milano Lubis, kuasa hukum Vanessa Angel dan Bibi. Foto: Aini/Nyata

Baca juga: 6 Fakta Hasil Pemeriksaan Sopir Vanessa Angel

Milano juga meyakini bahwa Joddy akan ditahan dalam waktu dekat. Pihaknya juga mengapresiasi pihak kepolisian dalam menangani kasus tersebut. 

“Pasti ditahan nggak akan mungkin nggak ditahan. Kita apresiasi banget sama Polda Jatim, karena dari awal waktu kejadian pun Dirlantas Polda Jatim sudah sampaikan, ‘Kita akan usahakan bang secepatnya ini proses jangan berlarut-larut’ karena bukti awal pas kejadian sudah di pegang sama pihak Polda Jatim,” tutup Milano Lubis. 

Di sisi lain, ternyata Joddy mengaku baru bisa menyetir mobil pada Februari 2021. Pengakuan tersebut diungkap oleh ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat. Kakek Gala Sky itu menduga kecelakaan itu disebabkan kurangnya kemampuan Joddy dalam berkendara. 

“Saya baru dengar itu ya, kalau memang benar itu wah ya sangat bahaya sekali ya kalau baru bisa nyetir dan baru dapat SIM,” ujar Doddy Sudrajat, baru-baru ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here