Sulit Tidur? 6 Minuman Ini Ampuh Bikin Tidurmu Lelap

minuman sulit tidur
Foto: Net

Para ahli merekomendasikan waktu tidur yang sehat berkisar 7-9 jam dalam sehari untuk orang dewasa. Kurang tidur bisa membuat badan terasa lelah di pagi hari. Selain itu, berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung, bisa muncul.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang susah tidur karena insomnnia atau stres? Coba minuman yang mengandung bahan-bahan, yang mampu mengatasi masalah sulit tidur berikut ini:

1. Teh Chamomile

teh-chamomile
Foto: Healthline

Banyak penelitian membuktikan, teh chamomile mampu meningkatkan kualitas tidur. Kandungan teh ini mampu menenangkan dan membuat rileks. Selain itu, kandungan flavonoid apigenin di dalamnya, memiliki efek sedatif yang mampu menenangkan reseptor otak.

Manfaat lain yang dimiliki bunga dari famili Asteraceae ini adalah menghilangkan gejala flu, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit. 

2. Jus Ceri

jus-ceri
Foto: Klikdokter

Ceri memiliki kandungan tryptophan yang merupakan asam amino pemicu produksi hormon melatonin. Melatonin dapat mengatur siklus tidur anda secara cukup. Selain itu, jus ceri juga mengandung antioksidan anthocyanin. Manfaatnya dapat menjaga tubuh dari kanker dan penyakit kardiovaskular. Coba minum dua gelas (480 ml) jus ceri per hari.

3. Susu Hangat

Segelas susu hangat mampu membuatmu terasa kantuk. Minumlah satu jam sebelum tidur. Susu mengandung tryptophan secara alami. Tryptophan ini meningkatkan kadar serotonin yang meningkatkan kadar melatonin. Melatonin itu dapat meningkatkan kualitas tidur. Untuk opsi non-dairy, pilihlah susu almond yang sama-sama mengandung kalsium.

4. Air Kelapa

Minuman berikutnya yang mampu mengatasi masalah sulit tidur aalah air kelapa. Kandungan magnesium dan kalium dalam air kelapa, ternyata mampu merelaksasikan otot. Hal ini akan membantumu memiliki kualitas tidur yang baik. Selain itu, kandungan vitamin B di dalamnya, juga mampu meredakan stres yang kamu rasakan seharian.

5. Teh Hijau Dekafein

teh-hijau-dekafein
Foto: Net

Teh hijau biasa dan juga teh hitam, memang bukan pilihan yang tepat untuk membantumu terlelap. Pasalnya, kandungan kafein justru buatmu segar kembali. Tapi teh hijau dekafein dapat membantu menghasilkan teanin dan asam amino. Kedua kandungan itu membantu meningkatkan kualitas tidur dan melepas stres.

6. Air Putih Hangat

Jika tak suka dengan minuman-minuman di atas, air putih hangat bisa jadi solusi. Minumlah dua gelas air putih hangat. Kandungan mineral dan sensasi hangatnya, mampu membantumu untuk segera tidur. Air putih hangat juga bisa membantu relaks dan menurunkan stres. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here