Cuma Pakai HP, Ini 7 Tips Memotret Makanan agar Instagrammable

Foto makanan dengan HP
Foto: The Times

Memotret makanan sebelum disantap, seolah sudah jadi ritual yang wajib dilakukan sekarang ini. Cukup memotret dengan kamera handphone (HP), lantas membagikan hasil fotonya ke media sosial.

Nah, agar foto makanan kamu lebih Instagrammable meski hanya pakai kamera HP, cobain deh tips di bawah ini.

1. Pencahayaan Pas

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Cahaya jadi elemen terpenting dalam semua jenis fotografi, termasuk saat memotret makanan. Dengan cahaya yang pas, tekstur serta warna asli makanan akan tampak semakin menggiurkan.

| Baca juga: Lakukan Satu Hal Ini Agar Foto Makanan Anda Bagaikan Profesional

Umumnya teknik pencahayaan yang digunakan untuk memotret makanan adalah side light. Sesuai namanya, pencahayaan dilakukan dari samping makanan. Namun tak menutup kemungkinan juga menggunakan teknik top light (cahaya dari atas objek) ataupun front light (cahaya dari depan objek).

Penting untuk diingat, hindari penggunaan flash langsung dari smartphone, dan sebisa mungkin manfaatkan cahaya matahari agar hasilnya makin natural.

2. Teknik Flat Lay

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Teknik foto flat lay terbilang yang paling sering digunakan, baik oleh fotografer profesional maupun perorangan, untuk kepentingan upload di media sosial. Memotret dengan flay lay cukup mudah, yaitu dengan memposisikan kamera smartphone tepat di atas objek.

| Baca juga: 14 Makanan agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 1)

Foto jenis ini sangat cocok digunakan untuk memotret jenis makanan yang memiliki plating menarik. Misalnya saja pizza, pasta, smoothie bowl dan banyak lagi lainnya.

3. Sudut Pandang Sejajar dengan Makanan

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Salain memotret makanan dari atas, kita juga bisa menggunakan angel normal atau sejajar dengan makanan. Memotret dengan cara ini sangat cocok untuk jenis-jenis makanan yang memiliki layer atau lapisan, seperti burger, pancake, rainbow cake dan sejenisnya.

4. Teknik Repetisi

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Cara lain agar foto makanan lebih estetik walau hanya menggunakan kamera smartphone ialah dengan melakukan teknik repetisi. Caranya dengan mengatur makanan sedemikian rupa agar membentuk pola tertentu.

5. Sentuhan Bahan Dasar

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Penambahan beberapa bahan dasar makanan sebagai properti foto terbilang cukup membantu. Terlebih jika plating makanan nampak sepi dan tak begitu menarik.

6. Buat Lebih Dinamis

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Siapa bilang foto makanan tidak bisa ‘bercerita’ seperti genre foto lainnya? Buktinya, kita juga bisa membuat foto makanan lebih dinamis. Salah satu caranya dengan menambahkan objek tangan manusia sedang mengambil makanan.

Kita juga bisa memotret saat proses membuat makanan itu sendiri, seperti menambahkan topping keju pada pizza.

7. Detail

Foto makanan dengan smartphone
Foto: Net

Menampilkan detail makanan juga jadi salah satu poin penting dalam foto makanan. Lalu, apakah bisa menggunakan smartphone? Jawabannya adalah bisa.

| Baca juga: 14 Makanan agar Tetap Bugar di Cuaca Ekstrem (Part 2)

Adapun caranya yaitu dekatkan smartphone pada objek/makanan. Sementara jauhkan objek dengan background. Hal ini karena semakin jauh objek dengan background, maka background akan semakin blur (bokeh). Dengan begitu, mata akan langsung tertuju pada makanan yang kita potret. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here