Menstruasi Pertama Datang Lebih Dini, Ini Fakta yang Perlu Diketahui

Menarche dini
Foto: Net

Datangnya menstruasi pertama (atau dalam istilah kedokteran disebut menarche, red) tentu jadi momen bersejarah bagi seorang wanita. Karena itu orangtua harus bisa mendampingi putrinya melewati momen itu. Apalagi seiring dengan modernnya zaman, menstruasi pertama datang semakin dini.

Jika normalnya menstruasi pertama terjadi pada usia 11 hingga 14 tahun, kini banyak anak yang sudah mendapatkannya ketika usianya baru sembilan tahun.

Menurut ahli gizi Beta Sindiana SGz, tren itu terjadi akibat tiga faktor, yaitu genetik, status gizi dan lingkungan.

| Baca juga: Berat Badan Stabil Sebelum dan Sesudah Hamil, Ini Rahasia Shandy Aulia

“Selain bawaan genetik, angka menarche dini meningkat itu berhubungan kuat dengan gizi lebih dan pola perubahan gaya hidup,” kata Beta Sindiana dalam acara Virtual Launching Website Charm Girl’s Talk, Kamis (12/11).

Menarche dini
Foto: Dok. Pri

Dikatakan Beta, remaja putri yang mengalami obesitas lebih besar kemungkinannya mengalami menstruasi dini. Hal itu didukung oleh data yang menunjukkan angka 19,4 persen menstruasi dini terjadi pada remaja obesitas. Sedang 10,1 persen terjadi pada mereka yang memiliki berat badan ideal.

Data lain juga menunjukkan bahwa konsumsi junk food turut andil dalam kasus ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan, 42,86 persen remaja putri yang mengalami menstruasi dini, ternyata mengonsumsi junk food hampir tiap hari.

| Baca juga: Jauhi 5 Makanan Ini Agar Nyeri Haidmu Berkurang

Adapun hubungan antara gaya hidup dengan menstruasi dini terjadi pada mereka yang menerapkan pola hidup sedentari (inactive lifestyle).

“Sebanyak 66 persen remaja putri yang mengalami menarche dini bermain di dalam rumah 2-3 kali seminggu, hingga setiap hari,” tutur wanita berkacamata tersebut.

Karena itu, penting bagi remaja putri untuk tahu hal-hal terkait menstruasi, yang selama ini dinilai sebagai bahasan yang tabu. Mereka bisa mencari tahu dari banyak sumber.

Salah satunya website edukasi tentang menstruasi untuk anak yang diluncurkan PT Unicharm Indonesia Tbk bertepatan dengan Hari Keshatan Nasional Kamis (12/11) lalu.

Diharapkan website bertajuk Charm Girl’s Talk itu mampu meningkatkan literasi tentang menstruasi di Indonesia, sekaligus menjawab keresahan para orangtua yang mungkin selama ini bingung untuk mengedukasi putrinya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here