Sering Overthinking? Musnahkan dengan 7 Cara Ampuh Ini

agar-tak-overthinking
Foto: Happier Human

Perrnahkah pikiran-pikiran berlebihan alias overthinking berkecambuk dalam benakmu? Atau bahkan kamu selalu mengalaminya setiap kali masalah datang menghampiri? Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu ketenangan jiwa.

Padahal hal-hal negatif yang kamu pikirkan, belum tentu akan terjadi di hari esok. Cobalah melakukan beberapa cara ini agar overthinking tak bersarang di otakmu. Apa saja?

1. Diam Beberapa Detik

Ketika tiba-tiba pikiran itu menyerang, diamlah beberapa detik dari aktivitas yang sedang kamu lakukan. Tutup mata dan rasakan kecepatan napasmu.

Jika pikiran itu masih timbul, berusahalah untuk melihat segalanya secara objektif. Aturlah napasmu yang mungkin berdetak cepat menjadi normal kembali. Jika kamu sudah merasa siap, buka kembali matamu.

2. Lawan Pikiran Negatif dan Sebut Mantra Ajaib

Sudah berusaha tapi merasa khawatir pekerjaan dilakukan tak maksimal? Katakan pada dirimu kalau kamu sudah bekerja dengan keras, sehingga semua akan baik-baik saja. Camkan terus mantra itu hingga benar-benar menempel di otakmu. Pengaruhi pikiranmu dengan hal-hal yang positif.

Kadang overthinking muncul karena kamu tak pernah melawan pikiran negatif. Cobalah berdebat dengan otakmu. Semua akan baik-baik saja dan terasa lebih mudah jika kamu memberi kekuatan pada pikiranmu sendiri.

3. Mendistraksi Diri

Jika kamu masih sulit melatih pikiranmu, hal yang bisa dilakukan lainnya adalah dengan mendistraksi diri. Alihkan pikiran negatif berlebihan di otakmu dengan hal lain.

Dengarkan lagu kesukaanmu, baca buku yang menghibur, hangout sejenak bareng teman kesayangan, atau sekadar jalan-jalan menikmati lingkungan sekitar. Satu lagi yang bisa mendistraksi diri dan membuat jiwamu semangat adalah dengan membantu orang lain yang kesusahan.

4. Mindfulness

Latihan ini dilakukan agar kamu sadar dengan keberadaanmu saat ini. Memang tak bisa terus dilakukan, tapi setidaknya cobalah sesekali. Misalnya saja hindari aktivitas yang membuat beban diluar jam tanggung jawabmu. Itu berarti, sesekali kamu boleh tak memikirkan pekerjaanmu diluar jam kerja.

Pada jam kamu menghindar itu, fokuskan melakukan hal-hal yang membuatmu senang. Jika kamu sedang makan, nikmati makananmu. Jika kamu melakukan hobi, rasakan kegiatan itu dengan bahagia.

5. Kunjungi Alam

Pergi ke gunung atau pantai, bisa jadi cara untuk mengurangi overthinking yang menghantuimu. Tapi jika tak ada waktu untuk pergi ke tempat itu, refresh-lah pikiranmu dengan melihat pohon atau tanaman hijau yang ada di sekitarmu.

6. Detoks Sosial Media

Kecanduan sosial media bisa menjadi racun bagi pikiranmu. Melihat kehidupan teman-temanmu yang seakan bahagia dan selalu baik-baik saja, bisa membuatmu selalu overthinking. Cobalah untuk menjauh dari media sosial beberapa saat.

7. Meditasi

Agar tak overthinking, melakukan meditasi, bisa membuat pikiranmu tenang dan terlatih. Selain itu, mendekatkan diri pada sang pencipta juga bisa jadi solusi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here