Sering Tidak Disadari, Lima Hal Ini Jadi Tanda Stres

tak menyadari stres
Foto: Net

Stres bisa dipicu berbagai hal. Misalnya saja karena sedang menghadapi berbagai tekanan hidup. Tapi pada sebagian orang, mereka tak menyadari jika dirinya sedang stres. Padahal, tanda-tanda sedang stres sudah mereka alami.

Tak menyadari adanya gangguan tersebut, tubuh bisa tiba-tiba terserang penyakit. Nah, untuk mengantisipasi, sebaiknya ketahui beberapa tanda stres berikut ini:

1. Sensitif dan Mudah Marah

Pada kondisi tertentu, yakni ketika kamu memikirkan banyak tekanan dalam hidup, hal-hal kecil yang terjadi sehari-hari bisa membuatmu mudah tersinggung. Jelas itu bikin stabilitas emosi terganggu.

Pada hal ini, orang-orang terdekatmu bisa jadi sasaran pelampiasan amarah. Tentu saja kelakuanmu itu bisa merugikan banyak orang.

Jika kamu tiba-tiba merasa mudah marah, bisa jadi itu tanda-tanda kamu sedang stres. Istirahatlah sejenak dan lakukan hal-hal yang membahagiakan. Berusahalah untuk tetap mengontrol emosi. Berlatih yoga, latihan pernapasan dan juga mindfullness, bisa dilakukan untuk mengurangi emosi.

2. Mood Swing

Mood swing terjadi apabila jarak antara bahagia, sedih maupun marah, terasa begitu dekat. Perasaan-perasaan itu datang bergantian secara tiba-tiba. Bisa jadi tanda ini muncul karena kamu sedang banyak pikiran.

Untuk meringankan beban, cobalah berbicara dan luapkan perasaan pada orang yang bisa menghargaimu. Mintalah sedikit solusi agar bebanmu bisa berkurang.

3. Cemas

Cemas itu ditandai dengan perasaan takut yang luar biasa, lalu diikuti dengan rasa sedih. Orang yang stres karena pekerjaan dan percintaan, cenderung memiliki gejala kecemasan berlebih. Bahkan hingga depresi.

Cobalah untuk menenangkan diri. Berlatihlah menciptakan pikiran positif. Minta bantuan psikolog jika dirasa tak bisa menemukan solusi.

4. Konsentrasi Terganggu

Stres bisa membuat konsentrasi terganggu dan juga mengurangi kemampuan memori jangka panjang otak bekerja.

Tapi tenang, hal ini bisa kita atasi dengan perubahan gaya hidup, menerapkan pola makan sehat dan menjaga tubuh dan pikiran aktif agar tetap fokus.

5. Berat Badan Berubah

Stres dapat menyebabkan seseorang jadi kurang nafsu makan, atau sebaliknya semakin bernafsu untuk makan. Stres mampu memicu lepasnya hormon kortisol yang mengubah tubuhmu dalam memetabolisme lemak, protein dan karbohidrat. Akibatnya, lemak akan bertambah atau berkurang. Sebagian orang tak menyadari hal ini adalah akibat stres.

Konsumsilah kacang-kacangan. Protein di dalamnya dapat membantu saat kamu kurang makan, sedang kandungan serat didalamnya juga bisa membuatmu menjadi lebih kenyang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here