Pembatik Asal Gresik Terpilih Sebagai Putra Batik Nusantara 2019

0
30
putra-putri-batik-2019
Foto: Istimewa

Pemilihan Putra Putri Batik Nusantara (PPBN) 2019 telah mencapai puncaknya. Malam final pemilihan yang digelar hari Sabtu (2/11) di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, telah melahirkan PPBN yang baru.

Mereka adalah Ma’arif, pembatik muda asal Gresik Jawa Timur sebagai Putra Batik Nusantara 2019, dan Kiki Jatmiko Putri asal Jakarta sebagai Putri Batik Nusantara 2019 yang sukses menyisihkan 13 finalis PPBN 2019.

Pemenang yang terpilih akan bertugas sebagai Duta Batik Indonesia yang mempromosikan batik di dalam dan luar negeri. Selain itu, Putra Putri Batik Nusantara 2019 juga bertugas untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dan dunia, terkait pemahaman batik melalui workshop membatik, pertunjukan edutainment, dan program lainnya yang telah dilakukan di Indonesia dan 20 negara lainnya selama 9 tahun terakhir.

“Acara ini diselenggarakan oleh anak muda berbudaya, dalam hal ini para alumni Putra Putri Batik Nusantara lintas angkatan, sebagai bentuk bela bangsa kami untuk Indonesia. Kami kemas secara kreatif dan menarik dengan gaya anak muda, agar batik digemari semua,” Kata Creative Director Pemilihan PPBN 2019, Bayu Adhitama.

Baca juga: Mencontoh Yuma Soerianto, Anak Generasi Alpha yang Hebat

Bertindak sebagai ketua dewan juri PPBN 2019 adalah DR. Sapta Nirwandar (Inisiator & Founder IPBN), Reinitasari Adrian (Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation).

Selain itu ada Emilya Setyaningrum (Dosen STIKOM The London School of Public Relations (LSPR) Jakarta), Nita Kenzo (Yayasan Batik Indonesia), Insana Habibie (Pakar Batik), DR. Jacky Mussry (Deputy Chairman Markplus Inc), dan Musa Widyatmodjo (Desainer Senior & Pemerhati Batik).

Di malam final ini, seluruh finalis Putra Putri Batik Nusantara 2019 tampil anggun dengan balutan busana batik dari Warwick Purser Equatorial Design, Toean Batik, Jesus Cedeño, Fatih Indonesia, dan ETNOS by Yongki Budisutisna.

Baca juga: ‘Anak Garuda’: Perjuangan Siswa SPI Hingga ke Eropa

Makeup dan tata rambut dari La Tulipe Cosmetique serta sepatu Fladeo dan aksesoris finalis putri persembahan D’Pearl. Sebagai hadiah, para pemenang Putra dan Putri Batik Nusantara 2019 berhak mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp 50 juta, Rp 25 Juta, dan Rp 15 juta untuk pemenang 1, 2, dan 3.

Pemenang favorit dan berbakat akan mendapatkan uang tunai masing-masing senilai Rp 10 juta, serta pemenang persahabatan yang akan dipilih dari voting sesama finalis.

Penghargaan lainnya adalah beasiswa full Postgraduate Program di The London School of Public Relations untuk pemenang 1 putra dan putri, serta kesempatan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here