Nightmare Side Adaptasi Kisah Misteri dari Acara Radio

nighmare-side
Foto: Istimewa

Siap-siap untuk para pecinta horor, karena Nightmare Side akan kembali hadir. Cerita film ini diangkat dari sebuah program radio, yang telah mengudara selama 27 tahun di radio Ardan, Bandung.

Nightmare Side dikenal sebagai salah satu acara radio yang mengangkat misteri, atau cerita-cerita yang menjadi urban legend di daerah Bandung dan sekitar Jawa Barat.

Sebelumnya pada 2013, Nightmare Side pernah diangkat dalam sebuah film yang dibintangi dua mantan personel Cherrybelle, yakni Sarwendah Tan dan Aurelia Devi.

| Baca juga: Diserbu Ratusan Karya, Hanung Bramantyo Kewalahan

Kini Nightmare Side akan dihadirkan oleh pemain yang berbeda. Diantaranya Fay Nabila, Gege Elisa, Elina Joerg, Ajil Ditto, Mo Sidik, Bayu Oktara, dan Melissa Karim.

“Ya, satu hal yang mungkin agak berbeda, film ini diangkat dari sebuah program radio tahun
1992. Filmnya pernah dibuat pada 2013, tapi nggak tembus XXI. Nah, 27 tahun kemudian ceritanya diangkat lagi ke layar lebar,” ungkap Dimasta Tri Aditiyo, selaku penulis cerita film Nightmare Side yang juga sebagai penyiar radio Ardan, di Press Screening film Nightmare Side di Epicentrum, Jakarta, Rabu (20/11).

Dimasta menjelaskan, ada perbedaan antara film Nightmare Side yang diproduksi pada enam
tahun lalu dengan yang sekarang.

“Dulu digarap dengan cara independen, bareng sineas kampus ITB. Terus bentuknya semi
ombinus di mana ada tiga cerita berbeda di dalamnya. Cerita yang ditonjolkan mirip dengan program acara yang sama. Cerita horornya datang dari cowok, cewek, cowok lagi. Dibuat sama banget sama cerita yang dikirim ke program tersebut,” jelasnya.

| Baca juga: Sabyan Mengejar Mimpi Jadi Ajang Nostalgia Personel

Sekarang Nightmare Side The Movie digarap lebih serius dengan cerita yang utuh, dan menggunakan efek CGI untuk penampakan hantunya.

“Penggarapannya dibuat lebih serius untuk nasional, sehingga akhirnya bisa tembus XXI. Di
dalamnya, sebenarnya ada cerita yang disadur dari potongan radio play, tapi tidak dibuat ombinus melainkan dijahit jadi satu cerita,” ujarnya kali ini fokus ke cerita Selly Larasati.

Film Nightmare Side, disutradarai oleh Joel Fadly yang sebelumnya membesut film Membabi Buta dan My Stupid Boyfriend. Syuting film yang akan rilis di bioskop mulai tanggal 28 November 2019 ini, mengambil tempat di Jakarta dan Bandung.

Filmnya tak hanya menghadirkan kisah misteri dari kehidupan seorang remaja indigo. Tapi juga tentang persahabatan dan keluarga.

“Pesan film adalah hentikan bullying. Sasaran film ini tentu pendengar radionya. Tapi juga
para remaja yang ingin tahu film horor, karena di film ini hantunya bermacam-macam. Semoga bisa tembus sejuta penonton,” kata Rochadi selaku produser. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here