Membedah Peluang Media dan Komunikasi di Industri Kreatif

mediasi-1
Foto: Istimewa

Seminar Nasional Mediasi 2019 yang bertajuk Tantangan dan Peluang Media dan Komunikasi dalam Industri Kreatif oleh Politeknik Negeri Media Kreatif, digelar pada Kamis (21/11) lalu, di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Mediasi adalah seminar yang mempertemukan 100 peserta, yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana, dosen, profesional dan peneliti pada ranah media dan komunikasi di bidang industri kreatif.

Dalam seminar yang kali pertama diadakan oleh Jurusan Penerbitan ini, dihadirkan pakar yang siap berbagi ilmu dan pengalaman mereka. Ada akademisi media komunikasi terkemuka, Prof. Dra. Rachma Ida, M.Comms., Ph.D. dari Universitas Airlangga, Surabaya.

Serta dua praktisi handal di bidang media dan literasi, Dr. Rahmat Edi Irawan, S.Pd., M.Ikom (Wadir Nett TV) dan Erlan Pirmansyah dari Komite Buku Nasional di Daulat sebagai pembicara pada sesi panel.

Baca juga: Malam Pagelaran Puisi Bertabur Penampilan Tokoh Nasional

Selain itu, peserta merupakan kreator dan peneliti dari berbagai kota di Indonesia, di antaranya Palu, Medan, Surabaya dan Jakarta. Mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studi di Oxford Brookes University, United Kingdom, juga turut berpartisipasi dalam seminar ini.

Buku informasi kumpulan abstrak Seminar Nasional Mediasi 2019 ini berisi 49 abstrak artikel dari berbagai disiplin ilmu seperti ilmu komunikasi, studi media, fotografi, studi budaya, ekonomi, dan sebagainya.

mediasi-2
Foto: Istimewa

“Luaran dari seminar ini, dapat memberikan kontribusi nyata dalam transformasi media dan komunikasi saat ini. Utamanya dalam pengembangan industri kreatif,” ungkap Direktur Polimedia, Dr. Purnomo Ananto saat ditemui usai acara pembukaan seminar.

Baca juga: Batam Medical Blockchain Berhasil Tarik Perhatian Singapura

Ia menambahkan, bahwa industri kreatif menyumbangkan keuntungan negara sebanyak lima persen. Jumlah tersebut tentu cukup banyak dan harus dimanfaatkan betul oleh akademisi dan praktisi khususnya dibidang media dan komunikasi.

“Polimedia menyediakan wadah bagi masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam industri kreatif secara positif. Sehingga hasil dari penelitian ini dapat mengangkat atau menghasilkan produk barang atau jasa yang bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya optimis. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here