Keseruan Ratusan Milenial Nikmati Cita Rasa Jamu Tradisional

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Generasi milenial jadi fokus kita saat ini, mengingat mereka adalah para penerus bangsa. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Kota Batu, Jawa Timur mengajak masyarakat, terutama generasi milenial untuk makin mengenal minuman jamu.

Bertajuk Festival Jamu Nusantara 2019, acara dilangsungkan selama dua hari, yakni 7-8 November 2019 di halaman parkir timur gedung Balai Kota Among Tani Kota Batu. Acara dibuka dengan kegiatan senam bersama, Kamis (7/11) pagi.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Sesuai tema acara, segala penataan didesain sedemikian rupa dengan konsep tradisional. Bahkan peserta senam pun turut menyukseskan acara dengan mengenakan pakaian tradisional. Seperti beskap untuk para lelaki, serta kebaya lengkap dengan kain jarik bagi kaum hawa.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Baca juga: PPBI Gandeng Dian Oerip untuk Lestarikan Budaya Indonesia

Festival Jamu Nusantara 2019 dibuka langsung oleh Wali Kota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si. Ditemani Wakil Wali Kota Batu, Ir. H. Punjul Santoso, S.H., M.M. Acara kian ramai dengan hadirnya siswa-siswi dari beberapa SMP dan SMA/SMK, yang ada di Kota Batu.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Dalam sambutannya, Dewanti Rumpoko memberikan apresiasi tinggi pada gelaran ini. Pasalnya Kota Batu memiliki banyak potensi hasil alam, yang mestinya bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Salah satunya untuk obat-obatan tradisional, seperti jamu.

Baca juga: Pembatik Asal Gresik Terpilih Sebagai Putra Batik Nusantara 2019

Sebagaimana temanya, Festival Jamu Milenial, drg. Kartika Trisulandari selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu berharap, kegiatan ini menjadi wadah pengenalan minuman jamu untuk kaum milenial.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Oleh karena itu, sebagai bentuk implementasinya, minum jamu bersama jadi salah satu agenda di pembukaan festival jamu tersebut. Sebanyak 2.000 gelas jamu dibagikan secara gratis.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Bukan untuk para siswa dan undangan saja, tapi untuk semua yang terlibat dalam festival itu. Tak terkecuali bagi para tenant.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Hari pertama festival berlangsung dengan meriah. Begitu juga pada hari kedua, Jumat (8/11). Di mana acara dimulai dengan Nyata Line Dance, yang dipimpin langsung oleh Suci Hariyati, S.E., Founder LDLS (Line Dance Lovers Surabaya).

Kegiatan di hari kedua ini merupakan bentuk kerjasama dari Tabloid Nyata, Tabloid Koki Plus, PT. Sari Incofood (Indocafe), PT. Makmur Prima Trading (Bolde) dan PT. Jamu Iboe Jaya (Jamu Iboe).

Baca juga: Tips Racik 3 Skincare Homemade Super Ampuh Ala Marshanda

Kemeriahan makin menjadi dengan adanya hadiah peralatan rumah tangga dari Bolde, untuk peserta yang aktif dan semangat selama Line Dance.

Festival Jamu Milenial
Foto: Catur/Nyata

Tidak itu saja, di hari kedua Festival Jamu Nusantara tersebut, Tabloid Koki Plus mengajak para milenial untuk berkreasi, membuat minuman jamu kekinian dengan produk dari Indocafe.

Baca juga: 11 Tahun Bersama Ashraf, BCL Ngaku Menikah itu Tidak Mudah

Namun sebelum itu, peserta lomba dapat menyaksikan terlebih dulu demo memasak oleh Chef Wawan dari Tabloid Koki Plus. Penasaran seperti apa keseruan para milenial ini membuat kreasi minuman jamu kekinian?

Simak ulasan lengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2524 yang akan terbit pada 15 November 2019. Serta Tabloid Koki Plus edisi 422 yang terbit tanggal 22 November 2019 (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here