Cara Aman Konsumsi Masakan Padang Tanpa Risiko Kolesterol

nasi-padang
Foto: Reza Wibisono

Soal citra rasa, masakan Padang tak usah diragukan lagi. Makanan yang dikenal kaya akan bumbu rempah ini, diolah dalam berbagai ragam menu yang sangat populer. Sebut saja rendang, gulai kepala ikan, ayam pop dan masih banyak lagi.

Sayangnya sebagian orang memilih tak mengkonsumsi makanan itu karena alasan kesehatan. Seperti takut kolesterol hingga darah tinggi. Padahal, asal tahu cara mengkonsumsinya dengan benar, maka bisa penyakit-penyakit tersebut bisa dihindari.

Seperti dikatakan oleh Arifin, Manager Kedai Nasi Kapau Mintuo, sebenarnya tidak semua makanan Padang berbahaya. Hanya saja orang tidak tahu bagaimana trik dan tipsnya.

“Kalau ada pengunjung yang tanya, gimana sih cara makan makanan Padang tapi aman kolesterol yang akan kita share. Apalagi di Mintuo sini, kami juga menyediakan makanan tanpa santan,” kata Arifin disela-sela pembukaan Kedai Nasi Kapau Mintuo di kawasan Harmoni Jakarta Pusat, pekan lalu di Jakarta.

Baca juga: Keseruan Ratusan Milenial Nikmati Cita Rasa Jamu Tradisional

Menurut Arifin, justru dengan dibukanya Nasi Kapau Mintuo ini, ia ingin mengedukasi masyarakat mengenai makanan Padang yang sehat dan higienis.

“Contohnya gini, kalau mau makan Gulai ya engga usah dimakan minyaknya. Tapi ambil kuah dan bumbunya saja. Caranya gimana? Ketika gulai dihidangkan jangan langsung diaduk. Minyak akan ada dipermukaan. Itu diambil dulu, buang. Baru setelah itu bisa diaduk, makan kuah, bumbu dan dagingnya,” papar Arifin.

Sedangkan soal higienis, itu juga hal yang sangat diperhatikan pihak pengelola Mintuo. Meski mengusung konsep penyajian secara prasmanan, namun pengunjung hanya bisa membawa makanan yang telah dipilihnya.

“Jadi kita tidak menghidangkan semua menu di meja. Tamu yang datang langsung memilih makanan yang mereka mau lalu dibawa ke mejanya. Kami ingin setiap tamu mendapatkan makanan yang higenis, fresh dan bukan sisa atau bekas dari meja tamu lainnya,” papar Arifin serius.

Sementara itu untuk memberikan pilihan kepada pengunjung yang tidak makan daging atau tidak makan daging merah, juga disediakan menu yang bisa mereka konsumsi. Seperti ada perkedel jagung, telur balado, gulai sayur kacang panjang dan kol dan masih banyak lagi.

“Di sini selain nasi putih, kami juga menyediakan nasi liwet. Nasi liwet itu mirip nasi lemak. Ini juga salah satu yang spesial,” ujarnya.

Baca juga: Eco Fashion Jadi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia yang Kekinian

Kedai Nasi kapau Mintuo yang berlokasi di Jalan Batu Tulis Raya No 52 C-D, Jakarta Pusat ini, sedari awal memang menyajikan beragam menu khas Kapau, Sumatera Barat.

“Bedanya dengan rumah makan Padang, disini kami tidak menyediakan sayur daun singkong. Sedangkan soal rasa, jika kebanyakan makanan Padang rasanya asin, disini ada yang manis. Seperti dendeng daging. Rasanya mirip makanan Jawa Tengah. Kalau soal sambal hijau atau merah, di sini beneran pedas loh. Ini yang mungkin beda dari rumah makan Padang lainnya,” terang Arifin.

Sebanyak 40 macam menu yang menggugah selera tersedia di atas meja secara prasmanan di kedai ini, pengunjung bisa dengan leluasa memilih sendiri hidangan yang sesuai dengan seleranya.

Di antara menu yang favorit di kedai ini adalah Tambunsu, rendang, ayam pop dan masih banyak lagi. Menu makanan ini variasinya akan terus bertambah untuk memanjakan selera penikmatnya.

Soal rasa, kelezatan rasa hidangan khas Kapau ini, tidak perlu diragukan lagi, karena koki yang mengolah beragam menu di kedai ini, sudah berpengalaman selama 36 tahun dalam mengolah menu khas Kapau, yang resepnya didapat secara khusus dan turun temurun dari daerah  asalnya, Kapau. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here