Cerita Anne Avantie Bersama Desainer Difabel yang Inspiratif

0
525
Desainer difabel
Foto: Dok. Instagram Anne Avantie

Dalam kondisi jalan berlumpur, Anne Avantie terpaksa menggunakan jasa ojek, untuk menyusur jalan setapak di tengah pematang sawah. Rintik hujan seolah tak menghalangi niatnya. Ini semua dilakukan untuk bertemu dengan Rahmat Hidayat, seorang penyandang disabilitas yang punya talenta dalam mendesain pakaian.

Diiringi lantunan piano serta suara ambience dari kendaraan bermotor, Anne mengabadikan perjalanan tak biasanya itu lewat video, yang ia unggah di Instagram. Tak lupa, desainer kondang itu juga memberikan narasi dalam videonya.

“Kisah perjalanan menuju ke rumah Rahmat. Seorang penyandang disabilitas yang bertalenta mendesain luar biasa. Walau harus menyusuri jalan setapak di antara pematang sawah yang begitu berlumpur. Namun perjalanan ini menjadi sebuah kenangan indah yang membawa berkat luar biasa,” ucap Anne Avantie mengisi videonya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Anne Avantie Heart (@anneavantieheart) on

Anne mengaku kunjungannya ini tidak direncanakan sebelumnya. Keberadaannya saat itu di Bandung, sebenarnya hanya untuk mengunjungi butik miliknya. Namun begitu ia mendapat informasi tentang penyandang disabilitas yang memiliki talenta, maka ia pun menunda kunjungan ke butiknya itu.

Perjalanan 2,5 jam ditempuh Anne dari Kota Bandung, menuju rumah Rahmat yang berada di lereng gunung, desa Sindangkerta, Bandung Barat.

Baca juga: Ariel Noah Angkat Bicara Soal Dirinya Disebut Tangisi Luna Maya

Kunjungan ini tentunya disambut gembira oleh Rahmat. Dalam dekapan Anne, Rahmat menyampaikan rasa bahagianya. Ia tidak menyangka bahwa desainer sekelas Anne, bisa datang ke rumahnya.

“Saya kayak mimpi bisa ketemu sama bunda. Apalagi bunda langsung ke rumah saya,” kata Rahmat sambil tersenyum malu.

Dalam rumah sederhana berlantaikan papan kayu, Anne duduk disamping Rahmat. Dalam kesempatan tersebut, Rahmat dengan meja lipat kecilnya, unjuk kebolehan dalam menggambar desain pakaian.

“Wow, kamu sejak kapan nih mulai tertarik bisa gambar? Dari kecil?,” tanya Anne usai takjub melihat kemampuan Rahmat.

Baca juga: 2 Minggu Tak Diberi Obat, Anak Cynthia Lamusu Dilarikan ke Rumah Sakit

Tidak berhenti disitu, Anne terkejut saat mengetahui Rahmat adalah tulang punggung keluarga. Ya, Rahmat merupakan anak tertua, yang menjadi kepala keluarga semenjak ayahnya meninggal.

Rahmat bersama ibu dan ketiga adiknya yang tidak bersekolah, selama ini bisa bertahan hidup dari menjual gambar desain lewat Facebook. Tertegun dan haru, adalah reaksi yang dibagikan Anne dalam keterangan videonya.

“Dengan segala keterbatasan, kamu tidak terbatas. Karena Tuhan itu tidak pernah tidak adil. Tuhan selalu memberikan yang terbaik bagi setiap umatnya,” kata Anne pada Rahmat.

Selain Anne, Rahmat melalui akun Instagram @rahmathidayat4259, turut membagikan video pertemuan tersebut. Ia menyampaikan terima kasih serta harapannya untuk menjadi desainer yang hebat seperti Anne.

Love u bunda @anneavantieheart terimakasih banyak bunda atas waktu bunda buat berkunjung kerumah saya… Bunda sangat luar biasa wslaupun sudah menjadi seorang designer terkenal namun bunda tetap dermawan dan rendah hati.. Semoga pertemuan kita ini menjadi sebuah jalan untuk saya menjadi seorang designer hebat… Love u bunda @anneavantieheart ..,” tulis Rahmat. (*)