Bahaya Makan Kecubung, Sebabkan Warga Banjarmasin Halusinasi hingga Meninggal

Buah Kecubung dapat mengakibatkan efek halusinasi saat dikonsumsi. (Foto: Freepik)
Buah Kecubung dapat mengakibatkan efek halusinasi saat dikonsumsi. (Foto: Freepik)

Belum lama ini dikabarkan, puluhan warga di Banjarmasin mengalami halusinasi massal setelah mengonsumsi buah kecubung. Buah itu diduga telah diracik dalam bentuk pil dan rokok.

Kabar tersebut beredar di media sosial. Ada rekaman CCTV menunjukkan orang menceburkan diri kemudian ditolong warga tapi nyebur kembali. Hal itu diduga karena efek halusinasi dari konsumsi buah kecubung. 

Menurut informasi yang beredar, buah kecubung dicampur dengan zinet, zat yang dapat meningkatkan efek halusinogen. Penjualan buah ini diduga sering ditemukan di Pasar Batuah, Banjarmasin Timur.

Hingga berita ini diturunkan, tercatat puluhan remaja dirawat di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Mereka diduga mabuk kecubung. Parahnya, dua orang di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

| Baca Juga: Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Mengutip dari laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, kecubung memiliki sejumlah senyawa kimia yang sangat beracun dan memiliki efek psikotropika.

Beberapa kandungan yang ada di dalam kecubung, di antaranya, antropin yang memiliki efek antikolinergik. Zat ini dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan otot-otot mengalami halusinasi. Kemudian peningkatan denyut jantung, pupil melebar, mulut kering, dan gangguan sistem pencernaan.

Selain itu, kecubung juga mengandung skopolamin yang dapat menyebabkan efek psikotropika. Kandungan lainnya, yakni berbagai alkaloid lainnya dalam jumlah yang bervariasi.

Alkaloid ini dapat memiliki efek beracun yang bervariasi pada sistem saraf dan organ dalam.

Kecubung juga mengandung glikosida yang dapat menghasilkan efek beracun pada jantung dan sistem saraf.

| Baca Juga: Kaya Vitamin, Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh

Bahaya Konsumsi Kecubung

Tak hanya buah, sebenarnya seluruh bagian tumbuhan kecubung punya dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan bersentuhan dengan kulit saja bisa memicu efek alergi.

1. Kerusakan saraf dan efek psikotropika

Bahaya makan kecubung salah satunya efek halusinasi, delirium (kebingungan parah, susah fokus), dan gangguan keseimbangan.

2. Reaksi alergi

Paparan atau konsumsi tumbuhan kecubung bisa memicu pelebaran pupil (midriasis), kulit kering dan panas, mulut kering, kesulitan berkemih, detak jantung meningkat, suhu tubuh naik, dan gangguan penglihatan.

3. Keracunan

Seseorang bisa keracunan akibat makan kecubung meski hanya sedikit. Efek keracunan bisa parah pada anak-anak atau individu yang lebih rentan.

4. Gangguan pernapasan

Konsumsi kecubung dengan cara dibakar bisa menimbulkan asap yang memicu iritasi pada saluran pernapasan dan mata. Akibatnya, orang bisa batuk sampai sesak napas.

5. Efek jangka panjang sampai kematian

Paparan berulang terhadap tumbuhan ini bisa mengarah pada kerusakan organ dalam termasuk hati, ginjal, dan sistem saraf. Selain itu dalam beberapa kasus, bahaya makan kecubung dapat menimbulkan kematian. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here