Tirukan Gaya Kobe Bryant, Influencer di Tiongkok Ini Raup Untung

Ma Jinghui disebut mirip dengan legenda bola basket Kobe Bryant. Foto : Komposit SCMP/Douyin/Getty Images
Ma Jinghui disebut mirip dengan legenda bola basket Kobe Bryant. Foto : Komposit SCMP/Douyin/Getty Images

Seorang influencer di Tiongkok, Ma Jinghui, berhasil meraup uang sebanyak 80.000 yuan (US$12.000) atau Rp191 juta hanya dalam 10 hari. Sebab dia memiliki kemiripan dengan legenda bola basket Kobe Bryant.

Jumlah penggemar influencer di Tiongkok ini juga bertambah. Pria 21 tahun itu awalnya hanya memiliki beberapa ribu pengikut di media sosialnya, kini menjadi sekitar 600.000 usai meniru gaya bintang olahraga basket, Kobe Bryant.

Dalam videonya, Ma Jinghui mengenakan jersey No 24 ikonik milik Bryant, memegang bola basket dengan satu tangan, duduk bersandar pada dinding putih, diiringi musik latar lagu See You Again.

| Baca Juga : Mendiang Kobe Bryant dan Putrinya Diabadikan dalam Patung Seberat 80 Kg

Dia juga menyapa penggemarnya dalam bahasa Inggris, mengatakan, “Wah, aku kembali.”

Ma, yang menyebut dirinya sebagai “Kobe Bryant versi Tiongkok”, secara konsisten menarik lebih dari 100.000 penonton untuk setiap siaran langsung.

Hanya dalam waktu 10 hari, dia menghasilkan lebih dari US$12.000 dengan meniru identitas Bryant di streaming langsungnya.

Ma awalnya adalah seorang streamer game. Hobinya termasuk bermain basket dan video game, dengan Bryant menjadi idola basket favoritnya.

| Baca Juga : Istri Kobe Bryant Akhirnya Buka Suara soal Kepergian Suami dan Putrinya

Pada bulan Februari, seorang netizen menunjukkan kemiripan Ma dengan Bryant dan menyarankan agar dia menirunya untuk mendapatkan lebih banyak pengikut.

Mengikuti saran tersebut, Ma mencukur rambutnya, merias wajah untuk menggelapkan kulitnya, mengenakan jersey bernomor punggung 24, dan mulai melakukan siaran langsung dengan bola basket di tangan. Ma mengatakan dia “sangat terkejut” dengan ketenarannya.

“Saya berharap mendapat lebih banyak uang, membeli mobil untuk ayah saya, dan membelikan adik saya telepon baru. Saya sekarang belajar bahasa Inggris untuk memberikan penghormatan yang lebih baik kepada Kobe Bryant,” katanya.

“Target saya adalah 1 juta pengikut, dan saya akan menyiarkan langsung pertandingan bola basket di masa mendatang.” Lanjutnya.

Di sisi lain, Ma Jinghui juga menghadapi kritik secara online.

“Lengan dan kakinya kurus, dia tidak terlihat seperti pemain bola basket, dia hanya memanfaatkan kecintaan orang-orang terhadap Kobe,” kata salah satu kontributor Douyin.

| Baca Juga : Persembahan Gading untuk Mendiang Kobe Bryant Sukses Bikin Nangis

Menanggapi kritik tersebut, Ma mengatakan dia telah memulai program kebugaran dan saat ini sedang dalam fase pembentukan otot.

“Selama ada cinta dan ketekunan, apapun latar belakang dan kekayaannya, siapapun bisa bermain basket. Itulah yang Kobe ajarkan kepada kami,” kata seorang penggemar Ma.

Kobe Bryant sendiri dianggap sebagai salah satu pemain bola basket terhebat, dan telah lama menjadi salah satu atlet paling dicintai di Tiongkok dengan hampir 10 juta pengikut di Weibo.

| Baca Juga : 9 Artis Indonesia Tangisi Kepergian Legenda Basket Kobe Bryant

Dia dikenal  sejak berusia 18 tahun dan bermain untuk Los Angeles Lakers selama 20 tahun, 18 di antaranya sebagai All-Star, memenangkan lima kejuaraan NBA.

Legenda bola basket itu meninggal pada usia 41 tahun bersama putrinya Gianna dalam kecelakaan helikopter di dekat California pada Januari 2020.

Seorang penggemar selama 20 tahun menjelaskan mengapa pemain ganda Tiongkok begitu populer.

“Saat Ma tersenyum, saya bisa melihat idola saya Kobe, dan saya sangat merindukannya,” kata orang tersebut.

“Melihat dia duduk di sini saja, aku terharu sampai menitikkan air mata,” sahut yang lain. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here