Manfaat Kulit Buah Naga Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kulit buah naga punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Foto: Dok. Freepik
Kulit buah naga punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Foto: Dok. Freepik

Bukan hanya daging buahnya, kulit dragon fruit atau buah naga ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Banyak dijumpai di supermarket dan toko buah, buah naga menjadi salah satu buah yang marak dijumpai di wilayah tropis.

Tapi tahukah kalian bahwa buah naga ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan?

Buah naga memiliki dua jenis. Pertama adalah buah naga dengan daging buah yang berwarna pink keunguan. Sedangkan jenis satunya lagi berwarna putih. Keduanya memiliki banyak biji kecil hitam di dalamnya.

| Baca Juga : Stop Kebiasaan Begadang! Ini Bahaya dan Dampak Buruknya

Untuk mengonsumsi buah naga, kalian hanya perlu mengupas kulitnya dan bisa langsung memakan daging buahnya.

Daging buah naga, memiliki beberapa kandungan seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan juga magnesium. Bahkan buah dengan kulit seperti sisik naga ini juga mengandung antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas.

Tapi bukan hanya dagingnya, kulit buah naga pun ternyata juga mengandung antioksidan. Bahkan kulit buah ini juga mengandung senyawa antosianin.

Antosianin adalah senyawa kimia yang bisa membantu mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan ini juga bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

| Baca Juga : Kurang Tidur Akibatkan Nafsu Makan Jadi Meningkat, Baik atau Buruk?

Bagi anda yang ingin mengurangi berat badan, kulit buah naga juga bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan fiber dalam kulit buah ini dapat membantu untuk menekan nafsu makan sehingga dapat membuat berat badan turun lho!

Untuk mengonsumsinya, anda bisa menggunakan beberapa cara. Cara pertama, anda bisa langsung memakannya mentah. Tapi pastikan jika kulit buah sudah dicuci hingga bersih dan dikupas dari kulit luarnya yang keras.

Cara kedua, anda bisa mengeringkan kulit buah dan menjadikannya sebagai seduhan teh. Bahkan di tanah air, kulit buah naga biasanya diolah dengan cara dimasak untuk dimakan sebagai lauk nasi.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kulit buah naga juga bermanfaat dalam sisi kecantikan.

Untuk bibir, karena kulit buah naga memiliki kandungan vitamin B3, maka bisa digunakan untuk melembapkan bibir layaknya memakai lip balm.

Sedangkan untuk kulit, kandungan antioksidan dalam kulit buahnya bisa membantu untuk mencegah penuaan dini akibat terpapar radikal bebas. Selain itu, kulit buah naga bisa membantu untuk mencegah dan menghilangkan jerawat serta bisa menjadi campuran untuk bahan kosmetik.

Itulah tadi beberapa manfaat dari kulit buah naga yang biasanya diabaikan oleh banyak orang. Setelah mengetahui informasi ini, pastikan kalian tidak membiarkan kulit buah naga terbuang sia-sia lagi ya! (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here