Kuasa Hukum Keluarga Vina Cirebon Minta Kasus Dibongkar Menyeluruh

Konferensi Pers Hotman Paris atas Kasus Vina Cirebon (Foto : Irfan Julyusman)
Konferensi Pers Hotman Paris atas Kasus Vina Cirebon (Foto : Irfan Julyusman/Nyata)

Kuasa hukum keluarga Vina Dewi alias Vina Cirebon, Hotman Paris Hutapea meminta pihak kepolisian untuk menunda proses hukum Pegi Setiawan sebelum dilimpahkan ke kejaksaan.

Hal tersebut disampaikan Hotman ketika jumpa pers pada, Selasa (11/06) di kawasan Jakarta. Dia mengatakan, alasan di balik penundaan proses hukum tersebut agar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dapat membentuk tim pencari fakta dari kasus kematian dan rundung paksa terhadap Vina Cirebon.

| Baca Juga : Hotman Paris Minta Proses Hukum Vina Cirebon Ditunda

“Kami dari tim hotman 911 yang sebagai kuasa hukum dari keluarga Vina, berpendapat kasus ini sebaiknya pendidikannya sementara ditunda dulu agar pak Jokowi membentuk tim pencari fakta yang netral” ucap Hotman dalam konferensi pers, Selasa (11/06).

Dia juga kembali membeberkan bahwa, tim pencari yang dia maksud terdiri dari akademisi yang merupakan ahli dalam hukum pidana dari berbagai Universitas. Hotman memaparkan bahwa, nantinya temuan tim pencari fakta dapat memberikan hasil penyelidikannya dan diserahkan ke pihak penyidik agar dilanjutkan ke kejaksaan. 

“Terutama dari para ahli hukum pidana dari Universitas untuk menyelidiki fakta sebenarnya, dan setelah terkumpul nanti baru diserahkan kepada penyidik untuk dilanjutkan ke kejaksaan dan persidangan” ujarnya.

| Baca Juga : Hotman Paris Sebut Ada Oknum Pengacara Halangi Kasus Vina Cirebon

Hotman juga menegaskan, dia tidak menyatakan kalau pihaknya ingin kasus Vina dihentikan. Langkah yang Hotman ambil tersebut, diterangkan bertujuan untuk membongkar kasus Vina Cirebon secara menyeluruh.

Dia turut menyatakan, kasus Vina tidak dapat terbongkar apabila pihak penyidik hanya berfokus pada penyidikan terhadap Pegi Setiawan.

“Kami tidak menyatakan kasus ini dihentikan, justru kami ingin kasus ini terbongkar secara keseluruhan” tegas Hotman. 

“Ini tidak mungkin lagi terbongkar secara keseluruhan kalau hanya mengandalkan penyidikan yang sekarang yang fokusnya hanya Pegi, karena proses penyidikan sekarang hanya terhadap Pegi” sambungnya.

| Baca Juga : Keluarga Eki Menghilang, Pihak Vina Cirebon Terheran-heran

Sebelumnya diketahui, Hotman Paris Hutapea yang ditunjuk sebagai kuasa hukum keluarga Vina Dewi alias Vina Cirebon kembali menggelar konferensi pers pada, Selasa (11/06).

Diketahui, pada tahun 2016 lalu Vina dibunuh dan dirundu paksa oleh sekelompok orang. Dalam kasus tersebut, setidaknya pihak kepolisian telah menangkap 8 pelaku dan kini telah diadili.

Delapan tahun kasus ini berlalu. Pada 2024, melalui film Vina : Sebelum 7 Hari, kasus Vina kembali mendapat sorotan.

Hingga pada, Selasa (21/05) jajaran Polda Jawa Barat berhasil menangkap seorang buron yang tercantum dalam daftar pencarian orang (DPO) atas nama Pegi Setiawan alias Pegi Perong. Saat ini, Pegi telah ditetapkan sebagai tersangka dan diduga menjadi otak pembunuhan Vina dan Eki.

Selain menetapkan Pegi sebagai tersangka, pihak kepolisian juga menghapus dua nama DPO lainnya yang sebelumnya telah diputuskan oleh pengadilan secara inkrah atau final. Pihak kepolisian menilai, dua DPO tersebut adalah nama fiktif. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here