Gagal Mendarat, Pesawat Wakil Presiden Malawi Dilaporkan Hilang

PESAWAT HILANG: Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima. (Foto : X/@skchilima) 
PESAWAT HILANG: Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima. (Foto : X/@skchilima) 

Sebuah pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima dilaporkan hilang setelah gagal melakukan pendaratan pada Senin (10/6).

Pesawat tersebut, dikabarkan telah lepas landas sekitar pukul 09.00 waktu setempat. Pesawat yang membawa Wakil Presiden Malawi, Chilima yang berusia 51 tahun dan sembilan orang lainnya, gagal mendarat diakibatkan karena cuaca buruk.

Chilima dan sembilan penumpang lainnya hendak melakukan perjalanan dari ibu kota Lilongwe sejauh 370 kilometer (230 mil) ke kota Mzuzu untuk menghadiri pemakaman mantan menteri kabinet.

“Setibanya di Mzuzu, pilot tidak dapat mendaratkan pesawat karena jarak pandang yang buruk akibat cuaca buruk, dan otoritas penerbangan menyarankan pesawat mereka untuk kembali ke Lilongwe, namun pihak berwenang segera kehilangan kontak dengan pesawat tersebut,” kata Presiden Malawi Lazarus Chakwera, dilansir dari Associated Press.

| Baca Juga: Pesawat Jet Tempur Siluman F-35 Milik AS Jatuh di New Mexico

Dia mengatakan bahwa, pihaknya tidak akan menyia-nyiakan sumber daya yang ada dalam melakukan operasi pencarian terhadap pesawat militer yang hilang tersebut. Kepala negara menolak klaim yang telah dipublikasikan media setempat bahwa operasi pencarian telah dihentikan.

“Tentara masih berada di lapangan untuk melakukan pencarian dan saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat itu ditemukan”, katanya, seraya menambahkan bahwa tentara akan memberikan informasi terkini secara rutin kepada masyarakat.

Chakwera juga turut memerintahkan kepada pasukan regional dan juga nasional untuk melakukan “operasi pencarian dan penyelamatan segera” pada hari sebelumnya.

Dia turut menyampaikan bahwa, dia telah menghubungi pemerintah dari berbagai negara termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, Norwegia, dan negara lainnya yang semua menawarkan dukungan dalam kapasitas yang berbeda.

| Baca Juga: Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang, Tiga Korban Tewas

“Termasuk penggunaan teknologi khusus yang akan meningkatkan kapasitas untuk menemukan pesawat lebih cepat.” ucapnya.

Chakwera juga mengatakan bahwa, sinyal telekomunikasi menemukan pesawat tersebut berada dalam radius 10 kilometer dari Riaply, sebuah perusahaan penggilingan kayu di negara Afrika bagian selatan yang terletak di selatan Mzuzu.

Berbagai laporan yang belum dapat dikonfirmasi, beredar bahwa saksi mata sempat melihat sebuah pesawat terjatuh ke dalam hutan pada Senin pagi.

Wakil presiden pertama yang terpilih pada tahun 2014 lalu, Chilima yang dikenal sebagai sosok yang karismatik namun tegas, sangat dicintai di Malawi, khususnya di kalangan pemuda.

Namun pada tahun 2022, selama masa jabatan keduanya, Chilima dicopot dari kekuasaannya setelah ditangkap dan didakwa melakukan korupsi atas skandal suap yang melibatkan seorang pengusaha Inggris-Malawi. Bulan lalu, pengadilan Malawi membatalkan dakwaan tersebut. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here