Fakta Menarik Serial The Secret Ingredient yang Dibintangi Nicholas Saputra

Nicholas Saputra membintangi serial drama The Secret Ingredient. (Foto: Viu)
Nicholas Saputra membintangi serial drama The Secret Ingredient. (Foto: Viu)

Drama Viu Original ‘The Secret Ingredient’ menampilkan episode terakhirnya minggu ini. Drama ini dibintangi aktor dari tiga negara, Julia Barretto dari Filipina, Lee Sang-heon dari Korea Selatan, dan Nicholas Saputra dari Indonesia.

The Secret Ingredient juga memiliki cerita yang berlapis. Manusia sejatinya memang memiliki beberapa lapisan kisah hidup. Inilah lima keunikan series yang tayang dalam enam episode.

1. Tentang kerja juru masak di balik hidangan mewah

Go Ha-joon (Lee Sang-heon) adalah seorang chaebol alias anggota keluarga konglomerat di Seoul. Ia tengah mengalami tekanan hebat dalam keluarga dan perusahaan. Ia melarikan diri dan bersembunyi dengan bekerja sebagai helper di dapur hotel di Jakarta.

Hotel itu milik keluarganya, namun ia bekerja sebagai karyawan paling bawah agar tidak dikenali. Ia pun memakai nama Jack. Hanya ada satu orang kepercayaan yang mengetahui rencananya, mencari sahabat masa kecilnya saat tinggal di Filipina.

| Baca Juga: Tayangkan Serial Baby Reindeer, Netflix Digugat Rp2,7 Triliun

Dalam drama ini Anda akan menyaksikan kerja keras pasukan juru masak di dapur resto mewah. Di balik setiap hidangan ada mereka yang serius mengolah bahan baku pilihan hingga disajikan. Dapur ini dipimpin chef Arif Hadi (diperankan Nicholas Saputra) yang memiliki reputasi mengesankan.

Ia dikenal keras dan disiplin memimpin kru dapur untuk menghasilkan hidangan yang sempurna. Tidak sedikit yang bekerja di sana demi bisa mencari pengalaman dari chef Arif. Salah satunya adalah Maya (diperankan Julia Barretto).

Gadis Filipina yang memiliki kemampuan memasak mengagumkan. Tak sekadar ikut perintah chef, setiap kru dapur juga terus mengasah keahlian dan berinovasi, lho.

2. Luka seorang anak yang membentuk pribadinya hingga dewasa

Ada cerita tentang keluarga dalam The Secret Ingredient. Maya yang dibesarkan oleh ibu tunggal tumbuh menjadi pribadi mandiri yang tidak mau berutang budi pada siapapun. Ia sangat membenci kebohongan karena ayahnya tidak menepati kata-katanya dan meninggalkan ia dan ibunya.

Tak kalah suram, Ha-joon atau Jack sejak kecil ditindas oleh keluarga, yaitu anak-anak dari istri pertama ayahnya. Ia pun mengalami kenangan pahit karena melihat penderitaan ibunya hingga meninggal dunia.

| Baca Juga: Karakter Plankton dalam Serial Spongebob Bakal Difilmkan Netflix

3. Makanan sebagai bahasa cinta

Seperti judulnya, makanan menjadi bumbu manis dalam kehidupan para tokoh dalam drama ini. Bagi Maya dan Ha-joon, makanan adalah bahasa cinta dengan ibu. Dalam kenangan Ha-joon, senyum terakhir yang ia saksikan di wajah ibunya adalah saat ia menyajikan makanan yang ia buat saat kecil.

Bagi Maya, makanan lezat disajikan ibunya membuatnya ingin menjadi chef yang bisa membuat orang tersenyum karena makanan yang ia masak.

‘The Secret Ingredient’ bisa dibilang serial drama Viu pertama yang menggabungkan budaya Indonesia, Filipina, dan Korea Selatan. Dalam drama ini ada masakan dengan memanfaatkan buah kepel, buah langka yang dianggap buah keraton Yogyakarta.

Ada juga bibingka, kudapan ala Filipina yang terbuat dari tepung beras dan santan, yang dipanggang beralas daun pisang. Kue ini biasanya disajikan saat perayaan Natal.

4. Persahabatan

Tensi tinggi di dalam dapur resto tak harus membuat hubungan antar kru selalu panas dan penuh persaingan. Ada persahabatan yang erat di antara para kru. Maya memiliki sahabat Stella, yang sama-sama berasal dari Filipina.

Stella selalu siap membantu Maya, termasuk saat Maya mengikuti kompetisi masak. Persahabatan menjadi jalan bagi Ha-joon untuk mendekati Maya.

| Baca Juga: Sinopsis The Acolyte, Serial Disney yang Raih 4 Juta Tayang di Hari Pertama

5. Mengejar impian

Ha-joon tidak punya ambisi untuk memimpin perusahaan keluarga. Ia justru meninggalkan Seoul dan berangkat diam-diam ke Jakarta demi mengejar gadis impiannya. Dari Maya ia kemudian belajar bagaimana tangguhnya Maya mengejar impian menjadi chef ternama, sejak masih belia.

Drama yang ditulis oleh Baek Dong-hoon dan disutradarai Jo Young-gwang dari Korea Selatan. Bagi penggemar drama Korea, mungkin pernah menyimak karya sutradara Jo Young-kwang sebelum The Secret Ingredient, seperti Racket Boys (2021), 49 Days (2011), dan Hyde, Jekyll, Me (2015). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here