Ini Resiko Bila Kamu Minum Kopi Selepas Bangun Tidur

Foto: Dok. Pexels @AndreaPiacquadio

Sebagian orang punya kebiasaan meminum kopi selepas bangun tidur. Masalahnya, kebiasaan ternyata memiliki efek yang buruk bagi tubuh.

Secangkir kopi di pagi hari, bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan dorongan energi. Dokter spesialis kesehatan tidur, dr Deborah Lee menjelaskan, bila mengkonsumsi kafein saat bangun tidur, ternyata beresiko untuk kesehatan.

Kandungan kafein bekerja dengan cara memblokir reseptor yang bisa menyebabkan kantuk. Reseptor ini dinamakan adenosin, sehingga saat meminum kopi kamu akan merasa lebih waspada.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tidur Lebih Cepat dan Pulas

Namun, memblokir reseptor ini saat kamu baru bangun tidur, itu justru tidak berdampak baik.

“Saat kamu bangun tidur, kadar hormon stres kortisol berada di puncaknya,” jelas dr Deborah, kepada The Sun.

“Peningkatan kadar kortisol dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, dan jika sudah berada di puncaknya saat bangun tidur, lalu kamu minum kopi, maka beresiko menjadi berbahaya daripada mendapatkan manfaatnya,” sambungnya.

Ia melanjutkan, “Bila dilakukan secara terus menerus, dapat membuatmu kebal dengan kafein dalam jangka waktu yang lama.”

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan Setelah Bulan Ramadan

Menurut dr Deborah Lee, waktu terbaik untuk minum kopi adalah di atas jam 10 pagi. Hal ini dikarenakan, agar tubuhmu mendapatkan efek kafein yang maksimal.

“Waktu terbaik untuk minum kopi biasanya adalah di pertengahan hari, ketika kortisol jauh lebih rendah dan tubuhmu mulai merasakan penurunan energi,” jelas dokter Deborah.

“Namun tentu saja, jangan terlalu sore karena dapat mempengaruhi kualitas tidurmu. Jika kamu bangun sekitar jam 7 pagi, maka kamu bisa meminum secangkir kopi sekitar jam 10 pagi sampai jam 12 siang. Ini adalah saat dimana tubuh dan pikiranmu membutuhkan kafein,” ujarnya lagi.

“Dan tentu kamu akan mendapatkan manfaat maksimal dari kafein,” tuturnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here